Krim Pelindung Wajah

Penjelasan Ilmiah Mengenai Berjemur di Pagi Hari Bisa Meningkatkan Imun

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak sekali informasi mengenai bagaimana agar bisa terhindar dari virus corona. Misalnya saja berjemur di bawah sinar matahari. Tentunya dengan mengoleskan krim pelindung wajah terlebih dahulu agar tidak mengalami sunburn. Namun, apakah hal tersebut bisa melindungi kita dari terinfeksi virus corona atau virus Covid-19?

Karena banyaknya informasi seperti itu, ada yang menjelaskan tentang hubungan antara sinar matahari pagi dengan peningkatan imun tubuh. Terdengar tidak masuk akal, memang. Karena selama ini imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh itu berkaitan dengan makanan yang bergizi, bukan sinar matahari pagi.

Untuk itu, ada baiknya kamu dengarkan apa kata pakar kesehatan mengenai hal ini. Dengan demikian, kamu tidak asal percaya begitu saja.
 

Benarkah Sinar Matahari Pagi Meningkatkan Imun Tubuh?

Banyak sekali orang yang awam mengenai kesehatan yang masih ragu apakah benar sinar matahari pagi bisa meningkatkan imun tubuh. Dan ini sudah dijawab oleh seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM, Prof. dr. Madarina Julia. Menurut beliau, sinar matahari pagi itu mengandung vitamin D alami. Bahkan, inilah sumber vitamin D paling tinggi.

Beliau melanjutkan penjelasan tersebut dengan mengatakan bahwa ada efek imunomodulator dari vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari pagi. Imunomodulator inilah yang secara spesifik mempengaruhi peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya sampai di sana saja. Beliau juga menjelaskan mengenai peran sinar matahari pagi yang mampu membasmi bakteri dan juga virus. Jadi, jika ada kemungkinan bakteri atau virus yang ada pada tubuh, maka sinar matahari pagi bisa memberikan perlawanan.

Jadi, jika selama ini banyak orang yang harus stay at home dan setiap pagi hari berjemur, itu hal yang bagus. Sebenarnya, kebiasaan ini sudah dilakukan oleh orang-orang di zaman dahulu. Hanya saja, mungkin orang terdahulu tidak mengerti fakta ilmiahnya mengenai manfaat berjemur di pagi hari.

Sekarang kamu sudah tahu kan penjelasan mengenai berjemur di pagi hari? Meskipun demikian, kamu juga harus berhati-hati. Ini juga ada penjelasan ilmiahnya mengenai potensi buruk yang bisa kamu alami jika berjemur di bawah sinar matahari. 

Tips Aman Berjemur di Pagi Hari

Yang paling aman untuk dilakukan adalah berjemur di pagi hari. Akan tetapi, para ahli kulit juga mewanti-wanti adanya potensi buruk yang bisa terjadi. Apa itu? Kanker kulit.

Secara umum, sinar matahari di pagi hari itu sangat aman. Akan tetapi, tingkat keamanannya tergantung pada kondisi kulit seseorang. Ada orang yang memiliki kulit yang sensitif. Untuk jenis kulit seperti ini, tidak menutup kemungkinan kulit tetap terbakar meskipun berjemur di pagi hari.

Sebagai langkah antisipatif, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika ingin berjemur di pagi hari:

  1. Tentukan Waktu yang Tepat

    Di setiap tempat, waktu yang tepat untuk berjemur itu berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum, waktu yang tepat di Indonesia adalah pada pukul 7 hingga 10 pagi. Karena pada jam tersebut sinar UV masih sangat rendah. Ketika sinar UV masih rendah, maka sinar UV tidak akan menembus bagian kulit dalam yang bisa menyebabkan masalah seperti sunburn atau bahkan kanker kulit.

    Disisi lain, kamu juga tidak disarankan berjemur terlalu pagi. Apalagi kamu tinggal di daerah pegunungan yang dingin. Udara yang dingin serta sinar matahari yang belum cukup panas justru kurang baik. Jadi, sesuaikan dengan kondisi wilayah di mana kamu tinggal.

  2. Gunakan Sunblock 


    Sunblock Wajah NIVEA

    Untuk mengantisipasi hal buruk, sebaiknya gunakan sunblock wajah. Karena kulit wajah yang paling tipis dan sensitif sekali. Jadi, melindungi wajah sepertinya penting untuk dilakukan. 

    Dalam hal ini, sangat dianjurkan pelindung wajah yang digunakan mengandung SPF yang tinggi. Karena semakin tinggi SPF maka perlindungan yang diberikan semakin bagus. Kamu bisa menggunakan NIVEA Sun Protect & White Instant Aura Serum, NIVEA Sun Protect & White Oil Control Serum atau NIVEA Sun Protect And Refresh Aerosol karena mengandung SPF 50 yang berguna untuk melindungi kulit tubuh dari efek buruk sinar matahari.
  3. Berjemur Sambil Berolahraga

    Kamu bisa berjemur saja. Akan tetapi, akan lebih baik jika mau juga berolahraga. Di masa pandemi seperti saat ini, tentu kamu tidak bisa lari pagi. Itu hal yang sangat berisiko. Kamu bisa ganti dengan olahraga sederhana, seperti melakukan gerakan-gerakan olahraga sederhana atau melakukan aerobik.

    Berjemur sambil olahraga akan membuat tubuh kamu lebih bugar. Karena tubuh akan mengeluarkan keringat. Saat keringat keluar, saat itulah racun-racun di dalam tubuh dikeluarkan. Dan ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

  4. Lama Waktu Berjemur

    Sebenarnya, lama waktu berjemur di pagi hari itu tergantung pada kondisi panas matahari di tempat kamu tinggal. Jika cukup panas, kamu bisa berjemur 15 sampai 20 menit. Itu sudah sangat cukup sekali. Apalagi jika kamu juga melakukan olahraga. Berjemur sambil berolahraga bisa membuat tubuh kamu lebih mudah berkeringat. Jadi, tidak perlu terlalu lama kamu berada di luar rumah untuk berjemur.

Sekarang, kamu sudah tahu manfaat dari berjemur di bawah sinar matahari pagi. Ini bisa kamu jadikan langkah untuk menjaga kebugaran dan juga meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus corona. Namun, jangan lupa juga untuk menggunakan krim pelindung wajah agar wajah kamu tidak mengalami sunburn. Jangan lupa untuk melindungi kulit wajah dengan NIVEA Sun Protect & White Oil Control Serum atau NIVEA Sun Protect & White Instant Aura Serum setiap hari agar kecantikan dan kesehatan kulit wajah kamu tetap terjaga. Jadi tetap sehat dan segar karena #DirumAhajaSamaNIVEA.