Merawat Alam Seperti Merawat Kulit Kita Sendiri

Merawat Alam Seperti Merawat Kulit Kita Sendiri

Selain kulit kita sendiri, lingkungan di sekitar kita juga harus terjaga. Apapun yang memberi dampak pada bumi akan berdampak juga pada diri kita. Oleh karena itu, NIVEA berusaha menjaga keseimbangan dalam kulit manusia sekaligus menjaga keseimbangan alam. Itu sebabnya, kami berkomitmen untuk memiliki langkah yang berkelanjutan dengan membuat produk perawatan kulit yang paling aman dan efektif. Kami percaya pada pengembangan yang terus menerus. Itulah sebabnya kami mengambil langkah untuk mengembangkan inovasi terus-menerus - mulai dari formula sampai kemasan produk kami.

Kami berusaha untuk memakai bahan-bahan yang dapat diperbarui atau dapat melakukan regenerasi. Kami terus mencari solusi yang berkelanjutan dengan cara memakai bahan-bahan sintetis dibandingkan memakai sumber alami.

Kami bekerja dengan para penyuplai yang memiliki rasa tanggung jawab yang sama dengan kami dan memiliki sertifikasi untuk membuktikannya.

Filosofi kemasan produk kami adalah "reduce, reuse, recycle".

Kami terus mengembangkan proses produksi dan kemasan kami untuk menyelamatkan lingkungan.

Ikuti perjalanan kami dan temukan bagaimana NIVEA mencoba untuk senantiasa menciptakan produk yang dapat melindungi kulit dan alam.


SUMBER

Keberlanjutan sejak awal

Hal baik selalu datang dari sumber terbaik. Itu sebabnya, kami memastikan bahwa segala hal yang terkandung dalam produk NIVEA aman dan baik untuk digunakan - dan itu sebabnya kami selalu berusaha untuk memakai bahan baku yang berkelanjutan. Tim riset kami terus mencari bahan dasar yang baru, yang lebih baik dampaknya bagi lingkungan.

Sumber yang bertanggung jawab

Mayoritas penyuplai NIVEA memenuhi kriteria yang kami berikan dalam kode etik - dan kami membantu secara aktif dalam memberikan mereka untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Kami melawan tindakan penebangan hutan untuk melindungi alam dan keseimbangan iklim. Penebangan hutan adalah salah satu penyebab terbesar dari perubahan iklim. Kami memakai kertas yang telah disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC) dan berencana untuk memakai semua sumber yang sudah tersertifikasi FSC atau melakukan daur ulang kertas pada tahun 2020.

Kami menyuarakan semua ini secara aktif untuk memastikan bahwa produk kami aman bagi alam, seperti aman pada kulit kita.

Sumber minyak kelapa sawit yang berkelanjutan

Beberapa bahan dalam produk NIVEA berasal dari minyak kelapa sawit - faktanya, minyak kelapa dipakai pada 70% produk kosmetik. Masalahnya, minyak kelapa sering ditanam pada lahan hutan yang telah dihancurkan untuk ditanam kelapa sawit. Mengganti minyak kelapa dengan minyak berbahan dasar tanaman lain tidaklah mudah, karena tanaman kelapa sawit dapat panen dalam jumlah sangat banyak. Alternatifnya, minyak berbahan dasar tanaman yang lebih sedikit panennya menjadi kurang berkelanjutan karena akanmembutuhkan lebih banyak tanah untuk menumbuhkan tanamannya.

Kami telah beralih pada minyak kelapa sawit yang dapat diperbarui bersama rekan kami. Beiersdorf telah bergabung dalam Round Table on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan Forum for Sustainable Palm Oil (FONAP).

Diarahkan oleh “Palm Sustainability Roadmap”, kami berada dalam perjalanan untuk mendapatkan minyak kelapa sawit yang sudah tersertifikasi dan dapat diperbarui. Termasuk dukungan kami terhadap FONAP supaya memperluas sertifikasi mereka untuk minyak kelapa sawit - contoh: target pengurangan efek gas rumah kaca dan melarang penanaman kelapa sawit di lahan gambut dan lahan lain yang sejenis.

Target kami pada tahun 2020 adalah untuk menjadi sumber bahan baku Beiersdorf berdasarkan minyak kelapa sawit dari sumber yang dapat diperbarui. Pada tahun 2018, kami telah mencakup 63% volume bahan baku berbasis kelapa sawit dengan bahan baku bersertifikat (standar RSPO “Mass Balance”). Sampai kami bisa mencapai tujuan untuk transisi penuh di tahun 2020, kami akan terus menyeimbangkan sisa bahan serapan kami dengan sertifikat keberlanjutan (RSPO “Book and Claim”).

Pada tahun 2018, untuk pertama kalinya, kami berpartisipasi dalam Program Hutan Pengungkapan Karbon (CDP) dan diberikan “Skor A” untuk upaya kami memerangi penebangan hutan.

Memilih sumber yang terbaik

Bahan-bahan yang aman, berkualitas, dan berkelanjutan menjadi kriteria yang dimiliki NIVEA ketika mencari bahan dasar.

Seringkali, bahan alami yang dapat memperbaiki fungsi alami kulit adalah pilihan NIVEA. Bahan-bahan alami bersifat dapat diperbarui. Banyak bahan-bahan dasar yang dipakai oleh NIVEA seperti grapeseed oil atau sunflower wax pada lip balm, berasal dari kebun yang berbunga setiap tahunnya. Kami berusaha memastikan bahan-bahan tersebut dapat diperbarui.

Dilihat secara menyeluruh, bahan sintetis dapat menjadi solusi bagi alam dan kulit kita. Dalam beberapa situasi, bahan yang diproduksi secara sintetis lebih berkualitas. Bahan yang diciptakan di dalam laboratorium tidak membutuhkan tanah untuk menanam tanaman. Tanah tersebut dapat digunakan untuk menanam tanaman pangan. Inilah sebabnya, bahan dasar sintetis dapat lebih ramah lingkungan.

APA PERBEDAAN ANTARA “ALAMI” DAN “BERASAL DARI ALAM”?

Produk alami seperti essential oil dibuat langsung dari bahan dasar alami yang diperoleh melalui proses secara mekanik (contoh:distilasi) atau proses lainnya dengan cara tradisional tanpa modifikasi bahan kimia.

Untuk bahan yang berasal dari alam, bahan dasar alami - seperti minyak kelapa - sudah diproses sebelum dijadikan formula. Bahan-bahan ini diperoleh melalui proses kimiawi dan/atau biologis.


PRODUKSI

Cara yang baik untuk membuat hal yang baik

Kami selalu berusaha mengembangkan formula yang terbaik untuk kulit Anda.

Menciptakan produk NIVEA adalah upaya bersama, dan kami memiliki tanggung jawab atas semua orang yang telah terlibat. Kode Etik kami punya standar yang tinggi untuk para pemasok dan subkontraktor kami - standar tinggi yang juga kami patuhi. Kami berkomitmen melindungi hak asasi manusia dan tidak mengizinkan kerja paksa atau anak di bawah umur, korupsi atau diskriminasi di dalam operasional kami dan pemasok kami. Tidak hanya meminta, kami juga membantu para pemasok untuk membuat rangkaian pemasok yang berkelanjutan. Bagi NIVEA, membantu sesama untuk melindungi alam adalah kesempatan untuk membuat dampak yang positif.

Komitmen kami dalam mengonsumsi energi

Kami berkomitmen untuk mengurangi jejak karbondioksida. Pada tahun 2025, kami ingin mengurangi konsumsi energi yang menghasilkan emisi karbondioksida sebanyak 70% untuk setiap produk NIVEA! Kami memulai dengan mengulas infrastruktur energi untuk semua fasilitas yang masih memakai energi dari sumber konvensional. Akhir tahun 2018, kami telah mengurangi sebanyak 59%. Kami mengubah seluruh fasilitas dengan energi yang dapat diperbarui, termausk pusat produksi terbesar kami di Jerman dan Spanyol, dengan pengecualian di Meksiko dan Nigeria. Tahun 2020, kami berencana untuk hanya memakai energi yang dapat diperbarui ketika membuat produk NIVEA, yang akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.


PENGURANGAN LIMBAH

Limbah adalah sumber daya!

Awalnya, NIVEA memiliki komitmen "zero waste to landfill" dan kami sudah melakukannya! Tidak satupun produk kami mengirim limbah ke daratan. Seluruh limbah sudah didaur ulang atau dibakar untuk menciptakan panas dan listrik. Ini artinya produksi limbah kami tidak mengotori lingkungan. Berawal dari sesuatu yang dibuang, limbah diolah menjadi suatu bahan yang baru atau sumber energi.

Mengurangi limbah menyelamatkan sumber daya

Mengurangi limbah berarti mengurangi plusi dan mengurangi konsumsi sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Itulah sebabnya, kami mengembangkan proses perencanaan dan produksi untuk menghindari limbah sebisa mungkin. Contohnya: kemasan botol NIVEA. Kami sebelumnya memakai lembaran aluminium. Akhir tahun 2017, kami mengubah prosesnya dan beralih pada pre-cut alumunium dan menghemat 54 gram aluminium per lembar, dengan total 14 ton aluminium per tahun.Mengurangi limbah untuk didaur ulang berarti mengurangi bahan bakar untuk transportasi dan mengurangi emisi karbondioksida.


KEMASAN

Filosofi kemasan

Kami ingin memastikan bahwa semua produk kami berkelanjutan - termasuk kemasannya. Tahun 2009, kami memasukkan kemasan ramah lingkungan ke dalam agenda kami. Mengikuti prinsip "avoid, reduce, reuse, recycle", kami memakai kemasan yang membuat produk NIVEA Anda tetap terjaga selagi dampak negatif terhadap lingkungan terus berkurang.

Semakin sederhana semakin baik

Untuk pembuatan kemasan, kami memakai bahan yang aman untuk lingkungan dan membantu mengurangi limbah. Contoh: krim tangan NIVEA. Tahun 2016, kami mengganti tutupnya menjadi lebih ringan, dan mengurangi 50 ton memakaian polypropylene pada tahun pertama. Tahun 2013, kami mengenalkan kemasan isi ulang untuk NIVEA Creme Soft shower cream atau sabun cair. Dengan mengisi ulang NIVEA Creme Soft Anda dapat mengurangi limbah sebesar 75%!

Daur ulang: berulang dan berulang lagi

NIVEA berkontribusi pada Beirsdorf sebesar 25% dalam mendaur ulang kemasan plastik di Eropa pada tahun 2025. Sebagian besar kemasan NIVEA saat ini sudah dapat didaur ulang. Sebagai bagian dari target Beiersdorf pada tahun 2025, kami menargetkan 100% kemasan yang dapat didaur ulang, kompos, atau dipakai kembali.


SETELAH PEMAKAIAN

Menjaga alam laut

Untuk memastikan produk kami memiliki dampak negatif sekecil mungkin, kami melakukan segalanya untuk dapat mengarah pada isu potensial tersebut secara efektif. Pada mikroplastik di tahun 2013, kami memutuskan untuk menghilangkan partikel plastik yang terbuat dari polyethylene dalam produk kami. Dua tahun kemudian, seluruh dormula kami bebas dari microbead. Tapi kami tidak berhenti sampai disitu saja. Kami bertujuan untuk membuat seluruh produk sabun dan sampo NIVEA bebas dari mikroplastik dalam bentuk apapun. Untuk mencapai ambisi ini, kami telah menghilangkan polimer yang tidak larut dalam air.

Selanjutnya, kami berencana menghilangkan seluruh nilon dalam formula kami pada akhir tahun 2020.

Tidak satupun produk tabir surya kami di Eropa mengandung oxybenzone dan octinoxate - yang membahayakan terumbu karang. Tabir surya kami telah mematuhi undang-undang di Hawaii pada tahun 2018 yang menetapkan larangan penggunaan bahan-bahan berbahaya dalam tabir surya. Untuk dapat mengikuti terus masalah keberlanjutan ini, kami terus memantau temuan ilmiah terbaru dan meninjaunya dengan bahan-bahan yang ada di dalam produk kami.

Mikroplastik

Diskusi umum seputar mikroplastik sangat kontroversial dan sangat kompleks karena sampai saat ini belum ada peraturan yang mengikat untuk menjelaskan "microplastics". Kami mengerti mikroplastik adalah partikel padat, tidak larut dalam air, dan berukuran 5 milimeter atau lebih kecil dan tidak bisa terurai. Oleh karena itu, kami mengandalkan definisi yang

Tahukah Anda bahwa kain sintetis adalah sumber utama dari mikroplastik di dalam laut? Sedangkan produk perawatan hanya 2% saja yang mengandung mikroplastik. Namun, NIVEA dan Beiersdorf menyadari adanya tindakan yang harus segera dilakukan untuk mengurangi mikroplastik. Itulah sebabnya, formula dalam produk kami bebas dari microbeads dan kami terus meneliti untuk mencari alternatif yang aman untuk lingkungan.

Sebelumnya, kami memakai partikel plastik yang terbuat dari polyethylene, atau microbeads dalam produk-produk seperti sabun mandi dan body peeling untuk memberikan efek ramah bagi kulit. Tahun 2013, NIVEA memutuskan untuk mengganti polyethlyene dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan. Sejak tahun 2015, produk kami tidak mengandung microbeads. NIVEA memakai cellulose, silikon dioksida, dan castor wax. Cellulose adalah bahan organik yang juga terdapat dalam serat-serat tumbuhan. Silikon dioksida hampir sama dengan komposisi kimia dalam pasir kuarsa dan castor wax adalah bahan alami dari pohon jarak dengan konsistensi yang keras seperti lilin.

Menghilangkan microbeads hanyalah sebuah langkah awal. Selanjutnya, kami bekerja secara intensif untuk mengganti mikroplastik untuk memberikan warna pada produk.

Kami bertujuan untuk membuat ulang semua produk rinse-off kami, yaitu sabun cair dan sampo, selesai pada tahun 2020. Kami akan mengganti bahan nilon, yang kami gunakan untuk meningkatkan tekstur dan rasa sensorik dari beberapa produk yang tersisa. Ini adalah produk yang bertahan lebih lama pada kulit seperti beberapa produk krim wajah. Membuat seluruh produk NIVEA di seluruh dunia bebas dari mikroplastik adalah prioritas kami.

Polimer sintetis yang melarutkan dan seperti gel

Kosmetik dan produk perawatan lainnya mengandung polimer sintetis yang melarutkan dan seperti gel - kadang disebut juga sebagai liquid plastics (plastik cair). Polimer sintetis telah diperkenalkan ke dalam permasalahan mikroplastik di beberapa negara. Namun, zat-zat ini berbeda dengan mikroplastik dengan pemahaman dari United Nations Environmental Programme (UNDP). Menurut kondisi penelitian saat ini, polimer yang melarutkan dan seperti gel bukan bagian dari masalah pencemaran air secara global oleh plastik. Namun, tujuan kami adalah terus meningkatkan formula kami dan menjadi yang terdepan dalam melakukan inovasi yang berkelanjutan, kami mendukung riset mendalam mengenai dampak polimer sintetis terhadap lingkungan dan akan lebih sering memakai bio-polimer. Ketika melakukannya, kami akan memastikan bahwa produk NIVEA memberikan kualitas dan keamanan yang sama bagi kulit Anda.