Lindungi Wajah Dari Sinar Matahari

Seberapa Penting Krim Pelindung Wajah dari Sinar Matahari?

Bagi beberapa wanita, sinar matahari seolah menjadi musuh. Pasalnya, mereka takut wajahnya menjadi gelap dan kusam. Untuk itu, mereka menangkalnya dengan cara menggunakan krim pelindung wajah dari sinar matahari.

Sebenarnya, kita harus fair menilai sinar matahari. Karena bagaimanapun juga, sinar matahari itu memberikan kebaikan untuk kulit. Terutama sinar matahari pagi. Dengan berjemur di pagi hari, kulit menjadi sehat. Tubuh mendapatkan vitamin D. Bahkan, ada yang mengatakan sinar matahari pagi bisa membunuh bakteri, virus, dan juga racun yang menempel di tubuh.

Namun, ada juga sisi negatifnya, yaitu paparan sinar matahari di siang hari. Itulah ketika kamu beraktifitas di luar ruangan di siang hari, kamu perlindungan berupa krim siang.

Bahaya Terpapar Panasnya Sinar Matahari

Matahari pagi bagus. Tapi, sinar matahari di siang hari bisa sangat berbahaya untuk kulit. Ini tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, sudah banyak sekali penelitian yang menunjukkan betapa berbahayanya sinar matahari untuk kulit.

  1. Kanker Kulit

    Dari sekian banyak efek negatif dari sengatan sinar matahari, kanker kulit yang paling dikhawatirkan. Ini terjadi ketika kulit sering terpapar sinar matahari secara langsung tanpa ada perlindungan. Apalagi itu terjadi saat musim kemarau dimana sinar matahari begitu menyengat.

    Kanker kulit ini terjadi karena panas sinar matahari merusak materi genetik kulit. Akibatnya, proses regenerasi dan juga pertumbuhan kulit terganggu. Inilah yang disebut oleh ahli kulit sebagai kanker kulit.

  2. Kulit Terbakar

    Pernah lihat dengar istilah sunburn? Mungkin kamu lebih familiar dengan sunburn daripada kulit terbakar. Pada intinya ini adalah kondisi di mana kulit wajah memerah kehitam-hitaman. Kondisi semacam ini disebabkan wajah terpapar sinar matahari yang begitu panas.

    Jangan sepelekan hal ini. Karena ketika kamu mengalami sunburn, maka kulit wajah akan terasa perih ketika dipegang. Dan jika kamu asal-asalan dalam menggunakan sabun cuci muka atau kosmetik, kondisi tersebut akan semakin parah. Bahkan, ini bisa menyebabkan inflamasi yang kemudian menaikkan risiko terjadinya kanker kulit.

  3. Munculnya Tanda Penuaan Dini

    Kulit keriput karena kering terpapar sinar matahari menjadi hal yang paling sering terjadi. Itulah mengapa kamu butuh krim yang mampu melindungi wajah. Tidak hanya keriput saja yang muncul. Ada juga tanda penuaan dini yang disebabkan paparan sinar matahari seperti noda hitam di bagian wajah, kerutan, garis-garis halus, dan wajah terlihat kusam.

Jadi, sudah paham mengapa krim pelindung wajah itu penting sekali, bukan?

Kandungan SPF di dalam Produk Krim Pelindung Wajah

Ada banyak sekali kandungan di dalam sebuah produk krim pelindung wajah dari sinar UV. Misalnya saja vitamin E yang diperlukan untuk menutrisi kulit serta menjadi anti radikal bebas. Gunanya agar kulit wajah memiliki kelembaban yang baik. Vitamin E ini menjadi salah satu bahan utama dalam produk krim wajah NIVEA.

Di sisi lain, ada kanduangan yang memiliki peran penting untuk memberikan proteksi dari sinar UV. Kandungan tersebut dinamakan SPF atau sun protector factor. Kamu bisa lihat di semua produk krim pelindung wajah dari sinar matahari pasti ada SPF-nya. Dan angka SPF tersebut berbeda-beda, mulai dari 10 hingga 50.

Apakah kamu tahu apa maksudnya? Angka SPF ini menunjukkan kemampuan produk krim dalam menangkal sinar matahari. Semakin tinggi angkanya, maka kekuatannya semakin kuat.

Lalu, satu pertanyaan muncul. Apakah kamu harus menggunakan krim pelindung wajah dengan SPF paling tinggi? Jawabannya tergantung pada dua hal. Yang pertama di mana kamu tinggal. Jika kamu tinggal di daerah pesisir yang begitu panas di siang hari, maka pilihan yang terbaik adalah krim dengan SPF tinggi. Karena semakin panas sinar matahari, wajah butuh perlindungan yang lebih.

Makanya, bagi orang yang tinggal di daerah pegunungan, sebenarnya menggunakan lotion pelindung dengan SPF rendah itu cukup. Bahkan, SPF 10 pun sudah cukup.

Hal yang mempengaruhi yang kedua adalah kegiatan kamu setiap hari. Apakah kamu sering melakukan kegiatan di dalam ruangan atau di luar ruangan? Ada beberapa pekerjaan yang membuat seseorang harus berada di luar ruangan seperti jurnalis. Mereka dituntut untuk tampil cantik meskipun di bawah terik matahari. Mereka butuh krim pelindung wajah dengan SPF yang tinggi seperti NIVEA Sun Face Protect & Moisture Cream SPF50.

Lotion Sunscreen NIVEA
Jadi, tidak semua krim pelindung itu tepat untuk kamu gunakan. Salah pilih krim bisa membuat wajah kamu kering. Sebaiknya pahami dulu kamu memiliki tipe kulit seperti apa. Lalu, pahami juga bagaimana kondisi cuaca di mana kamu tinggal dan bagaimana kegiatan kamu setiap hari.

Kandungan SPF inilah yang akan menutrisi kulit ketika terpapar sinar matahari. Kelembaban kulit akan dijaga sehingga kulit wajah tidak kering dan kusam. Dan yang pasti, SPF di dalam cream akan menghindarkan siapa saja mengalami masalah terburuk, yaitu kanker kulit.

Sekarang, kamu sudah mengerti betul betapa pentingnya krim pelindung wajah dari sinar matahari. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih krim dengan SPF yang tepat. Untuk kamu yang memiliki wajah kering dan berada di daerah yang begitu panas, gunakan krim wajah NIVEA yang mengandung SPF50. Selain itu, kandungan lainnya juga aman karena semuanya berbahan alami. Gunakan setiap hari dan kamu siap tampil cantik meskipun di bawah terik sinar matahari.