Meditasi Sebelum Tidur

Meditasi Dulu Agar Bisa Tidur Sebentar tapi Berkualitas

Kalau kamu, pilih mana. Tidur lama tapi kurang nyenyak atau tidur sebentar tapi berkualitas? Mungkin kamu akan memilih opsi yang kedua. Namun, kamu tidak tahu bagaimana caranya.

Ada banyak cara agar bisa memiliki tidur berkualitas. Salah satunya dengan melakukan meditasi. Ini hal yang sepele namun tidak banyak orang yang melakukan. Jika kamu ingin tetap sehat, cukup lakukan meditasi sebelum tidur. 

Apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini. Ruang gerak kamu dibatasi. Kamu tidak bisa lagi pergi ke gym, lari pagi, atau main futsal dengan teman-teman. Namun, ada cara lain untuk menjaga kesehatan, yaitu memastikan setiap malam tidur kamu berkualitas. 
 

Manfaat Tidur Berkualitas

Mengapa tidur harus berkualitas? Ada banyak sekali alasannya. Salah satunya alasan kesehatan. Tidur adalah waktu di mana tubuh kita istirahat. Di saat itulah tubuh melakukan apa saja yang dibutuhkan agar siap untuk beraktivitas lagi di esok harinya. Misalnya saja di saat tidur, kulit melakukan proses regenerasi sel kulit. Sementara itu, pikiran istirahat agar tidak stress.

Maka dari itu, tidur berkualitas sering dikaitkan dengan kesehatan kulit dan juga pikiran. Banyak orang yang bisa tidur nyenyak memiliki kulit yang sehat dan pikiran yang fresh. Mereka tidak mudah depresi.

Ketika tidur nyenyak di malam hari, pikiran menjadi fresh. Saat bangun di pagi hari, pikiran lebih siap untuk diajak berpikir dan bekerja. Hingga akhirnya kamu pun akan lebih produktif bekerja di pagi hari.

Selain itu, ada juga yang mengaitkan antara tidur berkualitas dengan upaya mencegah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Sepertinya tidak ada kaitannya. Akan tetapi, jika ditelusuri lagi, memang benar bahwa tidur berkualitas bisa mencegah penyakit jantung. Pasalnya, saat tidur kamu berkualitas, peredaran darah akan lancer. Dan inilah yang diperlukan agar kamu tidak berisiko terkena penyakit jantung.

Maka dari itu, penting sekali bagi siapa saja untuk melakukan meditasi sebelum tidur. Ini dianggap sebagai cara yang paling efektif agar memiliki tidur yang berkualitas.

 

Meditasi Bisa Membuat Tidur Kamu Berkualitas

Meditasi terlihat mudah sekali. Kamu hanya perlu duduk bersila, memejamkan mata, dan diam. Namun, dengan mempraktikkan posisi seperti itu, kamu sudah melakukan meditasi? Belum tentu. 

Pada intinya, meditasi itu membuat pikiran tenang. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu praktikkan.

  1. Posisi Harus Nyaman
    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan posisi yang nyaman. Kamu tidak harus duduk bersila. Akan tetapi, memang yang paling disarankan adalah duduk bersila. 

    Cukup bersila di atas tempat tidur. Pastikan posisi badan tegak lurus. Jangan membungkuk. Lalu, pejamkan mata.

  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman
    Sebaiknya pakai pakaian yang nyaman dan harum. Karena dengan mengenakan pakaian seperti ini, kamu bisa lebih mudah melakukan meditasi.

    Piyama menjadi pilihan pakaian yang bagus. Namun, jika piyama kamu sudah bau, ganti dengan yang baru. Atau kamu bisa pakai pakaian yang lembut dan longgar. Ini akan membuat kamu tahan lebih lama dalam bermeditasi karena kamu merasakan kenyamanan. 

  3. Pikirkan Hal-Hal yang Positif 
    Ini inti dari melakukan meditasi. Masalah apapun yang kamu hadapi atau seberapa berapa pekerjaan yang kamu harus selesaikan, lupakan sejenak. Ganti pikiran tersebut dengan memikirkan apa yang ingin kamu capai di kemudian hari.

    Jika kamu punya keluarga, pikiran tentang mereka. Bayangkan bagaimana kamu bisa membahagiakan seluruh anggota keluarga. 

    Ini memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika kamu sedang memiliki beban hidup yang cukup berat. Namun, setidaknya dalam kurun waktu 10 menit bermeditasi, lupakan beban tersebut. Pikirkan kamu sudah melewati masa berat. Dengan cara ini, kamu akan mengusir pikiran negatif dan menggantikannya dengan pikiran yang positif.
     
  4. Konsentrasi
    Setelah menemukan pikiran positif, bayangkan terus menerus. Konsentrasi dan fokus untuk memikirkan hal tersebut setidaknya dalam waktu 10 menit. Jangan sampai konsentrasi kamu pudar sehingga pikiran positif digantikan dengan pikiran negatif.

  5. Atur Nafas
    Agar mudah berkonsentrasi, kamu bisa mengatur nafas. Pejamkan mata sambil menghirup serta melepaskan udara peran-pelan. Ambil nafas dari mulut lalu keluarkan dari hidung. Lakukan secara perlahan-lahan. Buat ritme bernafas pelan sehingga jantung pun berdetak stabil.

 

NIVEA Body Crème Souffle

Meditasi bisa kamu lakukan sebelum tidur selama kurang lebih 5-10 menit. Ini akan membuat pikiran tenang dan tidur kamu akan berkualitas. Kamu tidak perlu takut waktu tidur kamu sedikit karena banyaknya pekerjaan. Waktu tidur kamu mungkin hanya 3-4 jam saja. Akan tetapi, pastikan waktu tersebut kamu manfaatkan untuk tidur berkualitas.

Agar lebih mudah dalam bermeditasi, oleskan NIVEA Body Cream Soufflè Cherry Blossom & Jojoba Oil ke seluruh tubuh. Ini tidak hanya akan merelaksasi kulit. Aroma cherry blossom juga akan membuat pikiran kamu lebih rileks. Kamu akan lebih nyaman dan lebih mudah berkonsentrasi saat melakukan meditasi.

Selain itu, kandungan berupa argan oil 2x vitamin E dari olive oil mampu memberikan perlindungan yang terbaik untuk kulit kamu. Kulit kamu akan terlindungi dari radikal bebas sehingga kulit terhindar dari masalah tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kulit kamu juga akan terasa lebih lembut dan kenyal karena vitamin E dari olive oil tersebut juga mampu menjaga kelembaban kulit setiap hari.

Tidak hanya pikiran saja yang harus dijaga. Kulit kamu juga harus dirawat. Produk dari NIVEA ini menjadi produk perawatan kulit tubuh yang layak untuk kamu coba. Kelembaban kulit akan selalu terjaga selama kamu tidur. Kandungannya mampu membantu proses regenerasi sel kulit lebih baik lagi. 

Saat kamu bangun di pagi hari, kamu tidak hanya akan merasakan pikiran yang lebih fresh. Kulit kamu juga akan terasa lebih lembut dan kenyal. Jadikan produk kecantikan dari NIVEA ini sebagai EXTRA CARE selama karantina. Beauty salon memang tutup selama pandemi. Tapi, kamu bisa melakukan perawatan kulit sendiri di rumah. Sekarang saatnya kamu #DirumahAjaSamaNIVEA.