Aktivitas Keluarga Di Rumah

Ide Simple Tapi Efektif Memperkuat Bonding Dengan Keluarga

Selain memanjakan diri di rumah dengan cara menggunakan krim pelembab kulit atau mencoba produk kecantikan lainnya, kamu juga harus manfaatkan waktu karantina ini untuk memperkuat bonding dengan keluarga. Terutama sang buah hati. Mungkin selama ini kamu tidak punya banyak waktu karena kamu harus bekerja di kantor. Selama masa work from home, gunakan waktu sebaik mungkin untuk mempererat hubungan dengan sang buah hati.

Tentu saja kamu juga harus pintar-pintar membagi waktu. Karena bagaimanapun juga jika kamu seorang karyawan yang harus tetap bekerja dari rumah, kewajiban kamu harus diselesaikan. Kamu hanya perlu mencari waktu luang yang tepat untuk melakukan kegiatan menyenangkan yang tidak menyita waktu dan tenaga.
 

5 Aktivitas Selama Di Rumah yang Bisa Kamu Pilih

Apa saja aktivitas di rumah yang bisa digunakan sebagai cara untuk meningkatkan bonding dengan sang buah hati?

  1. Nonton Bareng
    Ini kegiatan yang paling menyenangkan dan efektif untuk memperkuat ikatan antara orang tua dengan anak. Kamu bisa cari tontonan film atau acara eduktif yang sesuai dengan usia sang buah hati.

    Di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang yang harus berada di dalam rumah. Di saat itulah banyak penyedia jasa layanan TV streaming atau TV kabel yang menawarkan paket edukasi dengan harga murah. Kamu bisa memanfaatkan tawaran tersebut.

    Ajak anak menonton tontonan yang positif. Ini jauh lebih baik daripada kamu biarkan anak bermain gadget atau membuka youtube sendirian. Ikutlah menonton agar kamu juga bisa menjadi pemandu yang baik. 

    Di masa pandemi ini, kamu harus mencari tontonan favorit. Ada banyak sekali channel edukatif untuk anak-anak. Pilih salah satu yang paling favorit sehingga memori anak terisi dengan kegiatan tersebut. Dan memory tersebut akan terus menempel di ingatan anak sehingga di sinilah bonding itu mulai menguat.

  2. Mengerjakan Tugas
    Selama adanya virus corona, semua sekolah di seluruh Indonesia diliburkan. Biasanya, pihak sekolah akan mengirimkan tugas yang harus dikerjakan di rumah. Di sinilah orang tua harus hadir dan membantu. Selain agar tugas sekolah selesai, ini juga sebagai cara untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak.

  3. Mengajak Si Kecil Membersihkan Rumah
    Siapa bilang tidak banyak kerjaan di rumah. Justru selama kamu work from home, kamu punya banyak kerjaan. Selain kerjaan kantor, kamu juga punya kerjaan mengurus anak dan juga membersihkan rumah.

    Agar lebih ringan, sebaiknya ajak anak untuk ikut membersihkan rumah. Berikan pekerjaan yang ringan, seperti membereskan mainannya sendiri, membuang sampah, atau merapikan tempat tidur. Sesuaikan saja jenis pekerjaan dengan usia sang buah hati.

    Dengan membiasakan diri melakukan kerjasama seperti ini, bonding antara orang tua dan anak semakin kuat. Dan sebaiknya ini tidak hanya dilakukan selama pandemi virus Covid-19 saja melainkan selamanya.

  4. Membuat Taman di Belakang Rumah
    Seringkali bagian belakang rumah tidak terawat. Kamu bisa ajak anak merapikan taman di belakang rumah. Buat anak memiliki memori yang baik mengenai bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih dan rapi. Mengajaknya merapikan taman belakang rumah bisa dijadikan opsi terbaik.

    Akan lebih baik juga jika kamu mengajak anak membuat kebun kecil di belakang rumah. Jika masih ada space, buatlah kebun kecil. Manfaatkan media seperti botol air mineral sebagai media tanam. Selain menjaga agar kebun rapih, ini juga cara yang baik untuk mengajarkan anak tentang menanam tanaman.  

  5. Olahraga Bersama 
    Di sekolah, sang buah hati pasti ada jam untuk olahraga. Namun, anak juga berolahraga ketika masa karantina seperti saat ini? Biasanya tidak. Orang tua biasanya sibuk dengan pekerjaannya masing-masing sehingga tidak punya waktu untuk mengurus anak. Jangankan mengajak anak olahraga. Terkadang orang tua tidak punya cukup waktu untuk membantu anak mengerjakan tugas sekolah.

    Sebaiknya kamu tetapkan jadwal kapan harus olahraga bersama. Ini bagus untuk menjaga kebugaran. Selain itu, ini cara yang pasti anak suka. Carikan channel youtube tentang gerakan-gerakan aerobik. Ajak anak aerobik di rumah.
Itulah beberapa kegiatan sederhana yang bisa meningkatkan boding kamu dengan sang buah hati. Dan tidak lupa, Kamu juga tetap bisa merawat kesehatan kulit dengan #dirumahajasamaNIVEA.

Masalah yang Sering Terjadi

Apakah dengan bekerja di rumah orang tua punya waktu luang untuk bermain bersama anak-anak? Faktanya tidak. Tidak jarang orang tua justru terbebani. Ketika anak harus belajar dari rumah, justru orang tua harus menjadi guru. Karena saat di rumah, orang tua yang harus membantu anak mengerjakan tugas sekolah. 

Sementara itu, mereka juga dibebani dengan pekerjaan kantor yang juga harus diselesaikan dengan cara work from home. Dan satu lagi. Ada pekerjaan rumah yang juga harus dilakukan seperti menyapu, mengepel, dan lain sebagainya.

Inilah masalah yang sering terjadi. Hingga akhirnya orang tua justru tidak punya waktu untuk bonding dengan anak. Apakah itu juga yang kamu rasakan?
Jika ya, sebenarnya solusinya mudah. Lakukan manajemen waktu yang benar. Diskusikan dengan pasangan kamu. Buat jadwal kapan dan siapa yang mengurus anak. Ketika kamu harus mengerjakan pekerjaan kantor, pasangan kamu bisa menjaga anak. Lakukan secara bergantian.

Selain itu, kurang melakukan aktivitas di media sosial. Karena hal kecil seperti scrolling di media sosial bisa merusak jadwal. Kamu akan kehilangan waktu produktif sehingga semakin banyak pekerjaan yang tertunda. Akibatnya, kamu tidak punya waktu untuk bonding dengan sang buah hati.

NIVEA Creme

Pada intinya, time management itu menjadi sangat penting. Harus jelas kapan harus menyelesaikan pekerjaan dan kapan harus mengurus sang buah hati. Jika kamu mampu melakukannya, kamu bisa memiliki me time hanya untuk sekedar bersantai sambil merawat kulit dengan menggunakan krim pelembab kulit NIVEA Crème. Ini produk terbaik untuk mengatasi kulit kering. Produk ini sudah teruji secara dermatologis sehingga aman digunakan setiap hari. Produk ini bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Bahan utama dari produk ini adalah Eucerit. Dengan kandungan yang lainnya, Eucerit mampu berperan secara maksimal untuk melembabkan kulit sehingga kulit tidak kering. Dan satu lagi. Produk ini tidak mengandung bahan pengawet. Jadi, ini 100% aman untuk kamu gunakan.