Tetap Rutin Olahraga Tanpa Bau Badan

Tubuh pria memang lebih cepat berkeringat, terlebih ketika mereka melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Tapi, jangan khawatir kamu tetap bisa olahraga tanpa bau badan. Inilah tips dan triknya dalam mengatasi bau badan pria.

Faktanya keringat sendiri tidak memiliki bau, namun kelembapan yang memicu berkembang biaknya bakteri bisa menimbulkan aroma tubuh yang menyengat. Ketika bau badan sudah berlebihan dan aromanya tajam tentu saja dapat mengganggu dan membuatmu jadi tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir aroma tak sedap saat kamu berada di gym.

1. Mandi Secara Teratur

Mandi secara teratur menjadi kunci untuk menghilangkan bakteri sehingga terhindar dari bau badan. Gunakan sabun antibakteri, dan pastikan area-area yang terpapar keringat lebih banyak, seperti ketiak dibasuh secara menyeluruh.

2. Pakai Deodorant

Kamu bisa mengandalkan deodorant untuk mengontrol bau badanmu saat berolahraga. Pilihlah produk yang dapat mengurangi bau ketiak dengan kandungan formula antimikroba dan antibakteri untuk membantu melawan bakteri penyebab bau ketiak. Produk antiperspirant atau deodorant bisa juga membantu mengurangi keluarnya keringat berlebih. sehingga mengurangi kelembapan dan potensi pertumbuhan bakteri.

3. Pakai Pakaian Olahraga yang Menyerap Keringat

Saat olahraga, pilihlah pakaian yang tepat. Bahan seperti nilon dapat menyerap keringat dengan baik, dan cepat kering, serta melawan jamur. Meskipun bahan poliester memiliki kualitas yang sama, namun nilon tetap lebih baik, karena poliester lebih mudah menumpuk bakteri.

4. Fokus Perawatan di 4 Bagian Tubuh

Ketahui area pusat keringat yang memicu bau badan. Pakar kesehatan dan dermatologi Dr. Hooman Khorasani di New York, AS menunjuk empat bagian tubuh yang menunjang bau badan. Ketiak, selangkangan, kaki dan kulit kepala adalah bagian tubuh yang paling aktif menyebabkan bau.

Ketiak menampung sebagian besar kelenjar apokrin tubuh. Kelenjar tersebut bertanggung jawab atas sebagian besar bau keringat di tubuh, dan aktif selama masa pubertas. Kamu dapat meminimalkan bau di bagian tersebut dengan mandi setiap hari, dan menggunakan deodorant.

Sementara untuk bau kaki bisa dihasilkan dari keringat yang menumpuk karena pemakaian kaus kaki dan sepatu. Setelah menggunakan sepatu, langsung mencuci kaki, serta rutin mengganti kaus kakimu.

5. Mencukur Bulu Tubuhmu

Meskipun rambut atau bulu-bulu di tubuhmu bukanlah penyebab di balik bau badan, tapi bisa memperburuk. Bulu tubuh yang lebat akan menyerap keringat dan bakteri saat kamu berolahraga. Jika ingin meminimalkan bau, coba cukur atau kurangi bulu tubuh di area ketiak atau dada selama berolahraga.

Rekomendasi Deodorant untuk Mengurangi Bau Badan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa deodorant memiliki peranan penting untuk mengurangi bau badan. Mengingat bau badan terbesar dihasilkan di area ketiak, maka dibutuhkan deodorant yang dapat bekerja efektif untuk meminimalisir aroma menyengat di tubuh. Inilah sejumlah rekomendasi deodorant pria dari NIVEA Men:

1. NIVEA Men Fresh Active Deodorant Spray

Rekomendasi deodorant Yang dapat mengurangi bau badan adalah NIVEA Men Fresh Active Deodorant Spray Deodorant ini mengandung aroma Ocean Extract yang dapat memberikan kesegaran yang tahan lama. Deodorant ini bahkan memberikan perlindungan 48 jam dari keringat.

2. NIVEA Men Dry Impact Deodorant Spray

Produk NIVEA NIVEA Men Dry Impact Deodorant Spray cocok untuk kamu yang rutin berolahraga. Deodorant ini bekerja dengan sistem DryPlus dan mineral sehingga efektif mengontrol keringat berlebih. Deodorant ini memberikan perlindungan 48 jam, serta memiliki aroma maskulin dan sensasi dingin

3. NIVEA Men Deep Espresso Deodorant Spray

Sesuai namanya NIVEA Men Deep Espresso Deodorant Spray memiliki aroma kopi yang maskulin. Kelebihan lainnya dari deodorant ini adalah kandungan black charcoal yang sudah teruji dapat melawan bakteri dan bau badan.

4. NIVEA Men Black & White Invisible Fresh Deodorant Roll On Untuk kamu yang mencari

deodorant roll on, NIVEA Men Black & White Invisible Fresh Deodorant Roll On bisa menjadi pilihan. Deodorant ini cocok untuk kamu yang sering berolahraga menggunakan kaus berwarna putih atau hitam. Kandungan Anti-Stain Technology dapat mencegah timbulnya noda kuning di baju putih dan noda putih di baju hitam, selain itu deodorant ini mampu melawan bakteri penyebab bau badan. 

5. NIVEA Men Cool Kick Extra Dry Cool Blue Deodorant Roll On

Deodorant roll on lainnya adalah NIVEA Men Cool Kick Extra Dry Cool Blue Deodorant Roll On. Deodorant ini memiliki sensasi segar dan mengurangi keringat berlebih dengan aroma cool blue. Deodorant ini memberikan perlindungan bau badan selama 48 jam. Cocok buat kamu pria aktif.

Rekomendasi deodorant di atas cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Seluruh deodorant dari NIVEA Men sudah teruji klinis dermatologis. Tidak mengandung Ethyl Alcohol dan pewarna.