Lip Balm NIVEA untuk Memerahkan Bibir Hitam Secara Cepat

Seperti bagian lain di wajah, bibir yang sehat menjadi perhiasan alami yang menyempurnakan penampilan. Tapi, tak semua orang memiliki bibir merah alami yang sehat. Sebagian memiliki masalah dengan bibir hitam yang ternyata bisa dibantu dengan lip balm untuk memerahkan bibir.

Sebelum bicara lebih lanjut soal penggunaan lip balm, ada baiknya kita bahas dulu penyebab warna bibir menjadi hitam. Seperti bagian kulit lainnya, melanin juga terdapat dalam bibir. Melanin alias zat pigmen yang dihasilkan bertanggung jawab pada perubahan warna pada bibir.

Tidak seperti bagian kulit lainnya yang terdiri dari banyak lapisan sel, bibir hanya terdiri dari sekitar tiga sampai lima lapisan. Hal ini membuat jaringannya lebih tipis dan lebih rapuh dan membuat warna dari aliran darah di bawahnya terlihat. Semakin terang warna kulit, semakin terang warna bibir Anda, dan semakin terlihat aliran darah di dalamnya.

Perubahan warna bibir bisa disebabkan berbagai faktor, dari yang tidak berbahaya seperti karena konsumsi makanan dan minuman tertentu, hingga masalah kesehatan yang berbahaya. Secara garis besar, ada tiga warna yang dihasilkan karena perubahan itu, yakni bibir membiru, bibir memutih, dan bibir menghitam.

Bibir membiru dan memutih secara umum merupakan pertanda dari masalah kesehatan. Bibir membiru, misalnya, menunjukkan bahwa oksigen di dalam darah berkurang. Sementara, bibir putih atau pucat biasanya disebabkan oleh anemia alias berkurangnya sel darah merah.

Bagaimana dengan Bibir Menghitam? 

Ada banyak sebab yang bisa mempengaruhi kondisi hiperpigmentasi ini. Faktor medis seperti hemochromatosis atau kelainan tubuh karena menyimpan terlalu banyak zat besi dan penyakit Addison Gland atau kegagalan sistem imun menjadi sederet alasan bibir menghitam. Tapi, mayoritas karena faktor gaya hidup. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Kebiasaan merokok

    Sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa semua perokok mengalami perubahan warna pada bibir dan gigi.

  2. Paparan sinar matahari berlebihan

    Bintik hitam biasanya muncul di bagian kulit yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti di wajah dan tangan, termasuk di bibir. Bintik hitam ini muncul dengan beragam warna, mulai dari beige hingga coklat gelap. Tapi, bibir menggelap juga bisa disebabkan oleh kanker kulit.

  3. Kurang terhidrasi

    Bibir yang menghitam menjadi salah satu tubuh memberitahumu untuk minum lebih banyak. Karena lapisan kulit di bibir paling tipis dan rapuh, kelembaban di bibir bisa berkurang drastis.

  4. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein

    Kebiasaan mengonsumsi kopi bisa jadi salah satu alasan bibir kamu menghitam. Sebuah hasil riset menunjukkan bahwa kafein bisa menghitamkan bibir seperti juga dengan gigi. Walaupun ingin meminum kopi, kamu bisa memilih kopi tanpa kafein.

  5. Reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik, dll

    Menggunakan lipstik dalam jangka waktu panjang bisa memicu pigmentasi pada bibir. Hal ini umumnya terjadi bila kamu menggunakan lipstik berkualitas rendah atau lipstik yang sudah kedaluwarsa. Paparan fluorida yang terkandung dalam pasta gigi juga bisa menggelapkan warna bibir.

  6. Kebiasaan menjilat bibir

    Entah kebiasaan menjilat bibir atau karena gugup hingga tak sadar menjilatnya, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan bibir menghitam. Kalau Anda berpikir menjilatnya akan membantu menghidrasi bibir, hal yang terjadi justru sebaliknya. Bibir menjadi lebih kering sehingga pecah-pecah dan menghitam.

Bagaimana cara mengatasinya?

  • Melembapkan bibir dengan lip balm

    Penggunaan lip balm bisa menjaga kelembapan bibir sekaligus mencegah bibir kamu tambah menggelap. Gunakan lip balm secara rutin, terutama saat bibir terasa kering.

    NIVEA punya rekomendasi lip balm yang memerahkan bibir kamu secara instan. NIVEA Lip Balm Strawberry Shine mengandung minyak jojoba dan rasa segar Strawberry untuk melembabkan bibir. Bibir pun terlihat glossy memikat dengan sentuhan warna merah.

    Tip: Setelah oleskan lip balm, jangan langsung ditimpa lipstik. Tunggu sampai lip balm diserap kulit, ya!

  • Gunakan sun block

    Selalu menggunakan sunscreen, baik di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini berfungsi mencegah paparan sinar UV yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi.

  • Pijat dengan minyak

    Perawatan rutin berikutnya adalah memijat bibirmu dengan VCO atau minyak almond untuk meningkatkan sirkulasi darah. Anda bisa melakukan 4--5 kali sehari untuk mendapatkan hasil tercepat.

  • Eksfoliasi rutin

    Eksfoliasi juga disarankan untuk mengangkat kulit mati dan melembabkan bibir kamu. Bisa menggunakan produk jadi, atau cukup menggunakan campuran madu dan gula untuk eksfoliasi. Yuk, merawat bibir kulit dengan baik!