Jangan Bingung Lagi Memilih Micellar Water Atau Makeup Remover

Jangan Bingung Lagi Memilih Micellar Water Atau Makeup Remover

  • Gunakan micellar water dan make up remover dengan tepat

Setelah memahami apa bedanya micellar water dan make up remover di atas, tentu kamu akan semakin pintar memilih pembersih wajah, kan? Jadi, tidak ada salahnya menyediakan dua-duanya di meja rias. NIVEA punya deretan pembersih wajah yang bisa jadi pilihan kamu, mulai dari make up remover hingga micellar water. 

 

Mulai dari rangkaianNIVEA Micellair Hydration, hingga NIVEA MicellAir Oil & Acne Care yang juga membantu wajah bebas dari jerawat. Kamu bisa memilih sesuai dengan jenis kulit, lho. 

Untuk kulit sensitif, coba NIVEA Soothing Cleansing Oil with Grape Seed Oil. Pembersih wajah ini diformulasikan dengan transformasi dari minyak ke susu sehingga mudah untuk diaplikasikan. Ditambah kandungan minyak biji anggur alami, pembersih ini efektif menghilangkan make-up serta kotoran dan membuat kulit lebih bersih maksimal.

Masih banyak orang, terutama para wanita, yang mempertanyakan apa bedanya micellar water dan make up remover yang punya manfaat serupa. Sama-sama bermanfaat untuk membersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran setelah seharian beraktivitas, ternyata kedua pembersih ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho.

 

Yuk, kita kenalan lebih dalam apa bedanya micellar water dan make up remover!

  • Kandungannya

Micellar water adalah air yang mengandung micell, partikel kecil yang bekerja seperti spons mini dan membersihkan kotoran serta riasan sambil menghidrasi kulit. Di dalam micellar water, jumlah molekul sabun lebih sedikit daripada yang ada di facial cleanser. Pada dasarnya, micellar water adalah pembersih yang sangat encer, karena sebagian besar mengandung air dengan sedikit zat pembersih, atau misel, di dalamnya.

 

Lalu apa bedanya micellar water dan make up remover? Make up remover merupakan campuran pelarut yang dapat berbasis air atau minyak sebagai bahan utama. Jika berbasis minyak, maka bahan utamanya adalah hidrokarbon, ester, atau minyak silikon. Make up remover berbasis air berfungsi untuk menghapus riasan berbasis air, sama berlaku untuk berbasis minyak. Make up remover mampu memutuskan interaksi antara riasan dan kulit dan membuat riasan larut sehingga mudah dibersihkan.

  • Manfaatnya

Make up remover dirancang untuk memastikan semua bekas riasan kamu terhapus, hingga ke setiap pori-pori kulit. Tidak seperti pembersih biasa, make up remover dirancang untuk menghilangkan bekas warna, seperti warna foundation dan eye shadow.

 

Namun, tidak seperti micellar water yang lebih praktis, make up remover hanya menghapus make up, dan kamu perlu menggunakan facial wash atau facial foam sesudahnya untuk membersihkan wajah lebih maksimal dan menghilangkan sisa-sisa make up remover, terutama yang berbasis minyak.

 

Lalu apa bedanya micellar water dan make up remover? Berbeda dengan make up remover, micellar water biasanya tidak mengandung minyak, dan lebih bersifat sabun. Jadi, micellar water menghilangkan minyak dan pigmen yang larut dalam air dengan baik. Namun, banyak make up yang waterproof atau hanya larut dalam minyak, dan micellar water tidak dapat memecahnya sehingga proses membersihkan wajah kurang maksimal. Hanya make up remover berbasis minyak yang bisa melakukannya.

 

Jadi, micellar water termasuk pembersih wajah yang baik untuk kamu yang tidak memakai riasan apa pun, atau memakai riasan yang sangat tipis. Namun, jika kamu memakai sunscreen dan make up sedang hingga berat, micellar water dirasa kurang maksimal digunakan untuk membersihkan wajah. Teksturnya juga sangat lembut sehingga tidak akan mengupas atau mengiritasi kulit saat membersihkan wajah.

 

Micellar water juga bagus untuk kamu yang sering bepergian dan tidak selalu memiliki akses ke air untuk membersihkan wajah. Air misel akan membersihkan sebagian besar riasan tipis, minyak, dan kotoran hanya dengan sapuan bola kapas,