Penyebab Jerawat di Wajah pria

Faktor Penyebab Jerawat pada Wajah Pria yang Ternyata Sepele Sekali!

Penyebab jerawat pada pria berbeda sekali dengan yang dialami oleh wanita. Itulah mengapa cara untuk mengatasi wajah berjerawat pada pria berbeda dengan wanita.

Meskipun demikian, esensinya sama, yaitu menjaga kebersihan wajah. Jadi, jika pria atau wanita mampu menjaga kebersihan wajah, sebenarnya jerawat ini tidak akan terjadi.

Hanya saja, faktanya berbeda. Lihat saja yang sering dilakukan oleh orang-orang yang mengalami wajah berjerawat. Untuk wanita, mereka sering menggunakan makeup. Sayangnya, terkadang ada sisa makeup yang tidak diangkat. Sisa makeup tersebut menempel pada pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Sementara itu, untuk pria, bukan makeup yang menjadi penyebabnya. Tentu karena pria tidak memakai makeup, bukan? Ada faktor lain yang menyebabkan seorang pria juga berjerawat.


Faktor yang Menyebabkan Pria Berjerawat

Para pria sebenarnya sedikit beruntung. Pasalnya, risiko terkena jerawat lebih sedikit dibandingkan dengan wanita. Pria tidak memakai makeup. Selain itu, kulit pria juga sedikit lebih kasar dan tebal. Ini membuat kulit secara umum tidak terlalu mudah terkena iritasi atau infeksi daripada kulit wajah wanita. Maka dari itu, ketika seorang pria mengalami masalah jerawat, jerawat itu lebih mudah dihilangkan dibandingkan jerawat pada wanita.

Lalu, karena bukan makeup yang menjadi faktor penyebab jerawat pada pria, lalu apa faktor penyebabnya? Berikut ini informasi lebih lengkapnya:

  1. Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

    Secara umum, pria kurang begitu memperhatikan kesehatan wajah. Jangankan cuci muka pakai sabun. Cuci muka saja terkadang jarang. Mereka hanya mencuci muka ketika mandi saja. Yang jadi masalah adalah mereka mencuci muka dengan menggunakan sabun badan. Ini hal yang seharusnya dihindari.

    Kamu harus tahu tekstur kulit wajah dengan kulit bagian tubuh yang lain itu berbeda. Secara umum, kulit wajah lebih tipis daripada kulit bagian tubuh lainnya seperti tangan dan kaki. Untuk itu, ada produk sabun cuci muka yang memang dikhususkan untuk membersihkan wajah. Kandungan didalam sabun cuci tersebut tidak berlebihan dan disesuaikan dengan tekstur wajah.

    Sabun Cuci Muka NIVEA MEN


    Misalnya saja NIVEA MEN Acne Protect Liquid Facial Foam. Sabun cuci muka dari NIVEA MEN yang dikhususkan buat pria Terbuat dari bahan utama berupa ekstrak magnolia bark yang berperan sebagai anti bacterial agent, efektif membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan bakteri penyebab jerawat di wajah. Selain itu juga mengandung Carnitine yang berguna mengontrol minyak di kulit wajah tanpa menyebabkan kulit kering sepanjang hari (hingga 8 jam). Dan pastinya mengandung 0% alkohol. Jadi sudah pasti NIVEA MEN Acne Protect Liquid Facial Foam sangat cocok untuk membersihkan wajah!

  2. Sering Menyentuh Wajah

    Faktor lain mengapa pria mengalami jerawat adalah sering menyentuh wajah. Apa hubungannya? Memang terdengar tidak ada hubungannya. Namun, coba bayangkan ketika kamu sering memegang wajah padahal tangan kamu kotor. Atau barangkali saja ada kuman atau bakteri yang ada di kuku kamu. Ketika kamu menyentuh wajah, bakteri bisa berpindah dari tangan ke wajah. Kamu pasti apa yang terjadi selanjutnya, bukan?

  3. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

    Ditemukan sebuah fakta bahwa kotoran dari rambut juga bisa jatuh ke wajah dan menutupi pori-pori. Jika itu terus dibiarkan, maka akan muncul jerawat.

    Sayangnya, banyak pria yang tidak terlalu memperdulikan kesehatan rambut. Tidak seperti wanita yang memiliki berbagai jenis perawatan rambut. Tidak hanya mencuci rambut dengan shampoo tapi juga menutrisi kulit kepala dengan berbagai produk.

  4. Stress Berat

    Secara alamiah, memang wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami stress dibandingkan dengan pria. Hal ini disebabkan wanita tidak begitu pintar dalam mengontrol emosi. Akibatnya, wanita lebih mudah stress daripada pria.

    Akan tetapi, secara umum, beban yang ditanggung pria jauh lebih tinggi. Dalam hal pekerjaan saja, biasanya pekerja pria mendapatkan tanggungjawab yang lebih tinggi, bukan? Belum lagi jika ia sudah menjadi kepala rumah tangga. Jadi, bukan hanya pekerjaan saja yang membebani pikiran tapi juga tanggung jawab sebagai seorang kepala rumah tangga yang membuatnya lebih mudah stress.

  5. Pola Hidup yang Tidak Sehat

    Harus diakui pola hidup pria itu jauh lebih sembarangan. Kebanyakan perokok adalah pria. Inilah yang juga menyebabkan organ tubuh di dalam tubuh bekerja tidak maksimal. Kemudian kondisi ini bisa menyebabkan masalah seperti jerawat yang menjadi imbas dari masalah yang dialami oleh kulit.

Itulah beberapa faktor penyebab mengapa jerawat juga dialami oleh pria. Tinggal cari tahu saja tips untuk mengatasi jerawat sesuai dengan faktor penyebabnya.


Hanya Perlu Perawatan Wajah Sederhana

Sebenarnya, tidak hanya ada 5 faktor saja yang menyebabkan pria berjerawat. Jika dibuat daftar lagi, maka jumlahnya akan sangat banyak sekali.

Akan tetapi, 5 hal tersebut di atas yang paling sering menjadi faktor penyebab jerawat. Dan untuk mengatasi jerawat, seorang pria tidak perlu melakukan banyak hal. Mereka hanya perlu melakukan cara sederhana.

Pertama dan yang paling utama, mereka harus mau merubah pola hidup. Mereka harus mulai menerapkan pola hidup yang sehat. Mulailah membiasakan olahraga. Tidak perlu setiap hari. Olahraga bisa dilakukan satu atau dua kali dalam satu minggu. Di saat yang sama, mereka juga harus mengurangi makanan dan minuman yang kurang sehat. Hentikan merokok. Ini yang paling penting.

Selain itu, seorang pria harus rajin mencuci muka. Gunakan sabun NIVEA MEN Anti Acne, serperti NIVEA MEN Acne Protect Liquid Facial Foam karena memiliki banyak manfaat bagi wajah pria. Kamu juga bisa mengetahui rahasia mengatasi jerawat lainnya dari NIVEA MEN.

Yang paling penting lagi, jaga kesehatan mental. Pasalnya, mental sangat menentukan fisik. Jika terlalu sering stress, kondisi fisik pun akan terganggu. Lalu tubuh akan terkena imbasnya.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui mengenai penyebab jerawat. Dengan informasi singkat ini, semoga kamu bisa tahu apa yang perlu dilakukan untuk mencegah atau mengatasi jerawat membandel di wajah.