Mendongeng bukan hanya dijadikan sebagai salah satu bagian dari rutinitas malam sebelum tidur si kecil, tapi juga menjadi media anak belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan. Banyak orangtua yang menganggap mendongeng baru bisa dilakukan saat anak-anak mulai bisa diajak bicara.

Padahal, jika dilakukan sejak dini misalnya mulai mengenali suara, bonding antara orangtua dan anak bisa terjalin dengan baik. Kira-kira kapan saat yang tepat untuk mulai mendongeng untuk si kecil? Simak ulasannya berikut ini.

Lahir Hingga 12 Bulan

Dari bayi lahir hingga berusia 6 bulan, penglihatannya masih berkembang. Biasanya, di usianya ini mereka melatih kemampuannya untuk mendengar nada suara dan merasa nyaman akan kehadiran orangtuanya. Di pertengahan tahun pertamanya, bayi mungkin mulai memahami beberapa kata yang dibacakan, terutama yang berasal dari kehidupan sehari-harinya.

Tambahkan variasi dalam mendongeng misalnya dengan menunjukkan gambar-gambar dengan warna yang mencolok dan sebutkan kosa kata yang tepat untuk membantu mengasah kemampuan berbahasa sejak dini. Biarkan bayi mengoceh pada Ibu sebagai arti pemberian feedback dalam sebuah percakapan.

1-3 Tahun

Kini, Ibu dapat mulai memperkenalkan buku cerita dengan satu atau dua kalimat per halaman. Tarik minatnya dengan menambahkan dan mengubah nada suaranya, misalnya suara binatang sambil menunjukkan lebih banyak gambar yang mungkin jarang ditemui si kecil. jika sudah rutin mendongeng untuk anak-anak, kebanyakan akan menemukan kebiasaan ini menenangkan.

Tidak heran jika pada usia kurang lebih dua tahun, mereka akan meminta buku yang sama atau cerita yang berulang-ulang. Bahkan, terkadang mereka tidak membiarkan orangtua mengubah caranya membacakan kata demi kata. Pengulangan ini ternyata membantu anak-anak memahami dan mengingat kata-kata baru. Jadi jangan bosan menceritakan kisah yang sama, ya.

3 Tahun ke Atas

Si kecil sudah memiliki buku favorit dan mulai membalik halaman satu per satu. Ia juga bisa mendengarkan cerita yang lebih panjang dan menceritakannya kembali dengan kata-katanya sendiri.

Ibu dapat membantu meningkatkan tumbuh kembangnya dengan mencari buku atau mendongeng kisah-kisah yang mengajarkan anak-anak untuk pengenalan diri, berteman, atau mengenalkan lingkungan sekitar. Dorong si kecil untuk menceritakan, menggambar, dan menulis kisahnya sendiri setelah mendengar dongeng dari orangtua.

Semakin cepat mengawali kebiasaan untuk mendongeng, maka semakin banyak manfaat baik yang bisa dipetik, khususnya dalam tumbuh kembang si kecil. Mulai sejak dini dan berikan sentuhan Ibu lewat NIVEA Creme yang akan memenuhi nutrisi kulit sehari-hari. Jaga kulit tetap lembut dan terbebas dari kering berkat kandungan Eucerit® yang telah teruji secara dermatologis sehingga aman dan cocok bagi anak-anak hingga dewasa. Gunakan NIVEA Creme sebagai pelembap kulit wajah dan tubuh untuk seluruh anggota keluarga.