Seberapa sering Ibu mendongeng untuk anak-anak? Padahal mendongeng bisa jadi salah satu cara untuk mendukung proses tumbuh kembang anak-anak, yang memiliki kemampuan luar biasa untuk mencerna informasi yang diterimanya. Cukup luangkan waktu 10 menit setiap malam sebelum si kecil tidur untuk mendapatkan berbagai manfaat menakjubkan dari mendongeng, seperti berikut ini.

Meningkatkan Bonding

Tidak ada yang lebih baik daripada memeluk si kecil sambil mendongeng sebagai pengantar tidur. Menghabiskan waktu satu sama lain, membaca, dan berdiskusi, dapat membuat orang tua lebih dekat dengan anak-anak. Temukan buku atau tema cerita yang disukai oleh si kecil lalu tanyakan apa pendapatnya. Jawabannya akan memberimu pandangan sekilas tentang bagaimana dia memandang dunia.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Walau berbicara pada anak-anak setiap hari, kosakata yang digunakan seringkali terbatas dan berulang. Mendongeng bisa jadi salah satu cara untuk memperkenalkan lebih banyak kata dan frasa yang mungkin belum pernah didengar dalam kehidupan sehari-hari.

Semakin banyak kata yang mereka ketahui, tentunya dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil. Untuk anak-anak yang berbicara lebih dari satu bahasa, mendongeng juga membantu kemampuan berbahasa asing.

Menanamkan Pengaruh Baik dalam Kehidupan

Semakin sering Ibu mendongeng untuk anak-anak, semakin banyak pengetahuan yang mereka serap. Selain dalam kemampuan bahasa dan literasi, cara ini juga membantu si kecil untuk mengenal berbagai tempat dan budaya di seluruh dunia sehingga memberi anak-anak pemahaman yang lebih luas tentang dunia.

Memilih cerita dengan berbagai karakter yang menghadapi situasi sulit juga dapat membantu mereka memahami konsep ini dengan lebih baik. Ceritakan kisah yang mengajarkan anak-anak bahwa rasa sakit dan berusaha adalah bagian dari kehidupan, sama seperti kebahagiaan dan kesenangan. Kisah-kisah yang tepat dapat membantu si kecil untuk menghadapi kehidupan dan berbagai situasi.

Sungguh besar ya manfaat meluangkan waktu 10 menit saja setiap hari sebelum tidur terhadap perkembangan si kecil. Tingkatkan manfaatnya dengan memberikan sentuhan ibu menggunakan NIVEA Creme, perlindungan kulit terbaik untuk si kecil dan sang ibu yang dapat digunakan untuk wajah dan tubuh. Diperkaya dengan Eucerit®, NIVEA Creme telah teruji secara dermatologis sehingga cocok dan aman digunakan untuk seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Yuk, mulai mendongeng sejak dini!