TIPS MENGURANGI KERINGAT DAN MENGHINDARI BAU BADAN

KENAPA KITA BERKERINGAT?

Berkeringat merupakan salah satu cara tubuh kita mengatur suhu. Keringat dihasilkan oleh dua kelenjar yang berada di lapisan kulit - yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin tersebar di hampir seluruh tubuh. Keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin berperan sebagai pengatur suhu tubuh, biasanya muncul saat terjadi peningkatan suhu tubuh karena aktivitas fisik atau cuaca panas. Keringat ini umumnya mengandung air dan garam.

Keringat juga dapat timbul karena stres emosional atau psikis. Dalam hal ini, tubuh kita berkeringat terutama pada bagian ketiak, telapak tangan, telapak kaki, dan dahi. Tipe keringat ini dihasilkan oleh kelenjar ekrin dan apokrin. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin mengandung lemak dan protein, yang bila dimetabolisme oleh bakteri akan menghasilkan bau badan. Kelenjar apokrin mulai aktif saat memasuki usia pubertas.

BAGAIMANA CARA MENGATASI KERINGAT BERLEBIH PADA DAERAH KETIAK?

  • Kenakan pakaian berbahan yang mudah menyerap keringat seperti katun, hindari nilon dan polyester. Pilih yang nyaman di tubuh dan hindari pakaian ketat.
  • Gunakan deodoran dengan perlindungan optimal dari keringat dan bau badan.
  • Jaga suhu tubuh tetap rendah agar tidak banyak berkeringat, dengan cara banyak minum air, menggunakan AC atau kipas angin, mandi dengan air dingin.
  • Kurangi stress, karena stress dapat memicu aktivitas keringat berlebih sehingga juga mengakibatkan bau pada ketiak.,/li>

KENAPA KETIAK MENGELUARKAN BAU?


Keringat merupakan cairan yang tidak berwarna dan tidak berbau. Keringat yang dihasilkan tubuh menimbulkan bau setelah mengalami kontak dengan bakteri di permukaan kulit. Bakteri mengurai kandungan lemak dan protein dalam keringat sehingga menghasilkan senyawa asam.

Ketiak menjadi tempat yang mendukung pertumbuhan bakteri karena tertutup sehingga mudah lembab, memiliki pH yang lebih tinggi dibandingkan area kulit lain, serta adanya kelenjar keringat yang mensekresikan nutrisi bagi bakteri.

BAGAIMANA CARA UNTUK MENGHINDARI BAU BADAN?

  • Mandi teratur, minimal 2 kali sehari. Setelah mandi, keringkan area ketiak dengan seksama. Area yang lembap dapat menyuburkan pertumbuhan bakteri.
  • Kurangi makanan yang merangsang keringat (merica, makanan pedas, alkohol, kopi, teh) dan kurangi makanan lain yang memiliki bau menyengat seperti bawang dan kari.
  • Gunakan deodoran yang dapat memberikan perlindungan dari keringat dan bau badan.
  • Semprotkan parfum untuk menyamarkan bau.
  • Ganti pakaian yang basah oleh keringat.