Cegah Kulit Kering

Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Akibat Sengatan Sinar Matahari

Kulit kering dan kusam menjadi masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang di Indonesia. Negara tropis seperti Indonesia membuat potensi masyarakatnya mengalami masalah kulit sangat tinggi. Terutama ketika musim kemarau tiba.

Akhirnya, banyak sekali produk perawatan seperti krim pelembut kulit bermunculan. Produk tersebut katanya mampu mengatasi kulit kering dan kusam akibat terkena sengat sinar matahari.

Namun, apakah masalah tersebut benar-benar teratasi? Faktanya, sampai sekarang masih banyak orang yang mengalami masalah kulit kering dan kusam. Mereka sudah menggunakan berbagai produk perawatan kulit. Hanya saja, hasil yang signifikan belum mereka dapatkan.

 


Kunci Utama Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Apakah Anda tahu mengapa kulit menjadi kering dan kusam? Sama seperti tanah. Tanah yang kering dan gersang itu pertanda kekurangan cairan. Tanah mengalami dehidrasi. Begitu juga dengan kulit. Kulit kering karena kekurangan cairan. 

Makanya, kunci utama agar kulit lembut dan halus adalah menjaga kelembaban. Dengan cara inilah kulit kamu tidak akan terlihat kering. 

Lalu, bagaimana cara menjaga kelembaban? Tentu saja dengan cara mencegah agar kulit tidak kekurangan cairan. Itu artinya tubuh tidak boleh mengalami dehidrasi. Karena ketika tubuh dehidrasi, kulit akan terkena imbasnya. Kesehatan akan menurun. Organ tubuh tidak bisa bekerja optimal. Kulit menjadi kering dan terlihat kurang menarik.

Cairan dalam tubuh harus dijaga. Semakin sering kamu beraktivitas di bawah terik matahari, semakin banyak tubuh membutuhkan cairan. Ini bisa didapatkan dari mana saja, mulai dari minum ai r putih, minum jus, makan sayuran dan buah-buahan.

Hanya saja, cairan yang didapatkan oleh tubuh tidak sepenuhnya disalurkan ke kulit. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kulit juga mendapatkan pelembab secara langsung dari krim pelembut kulit.

Di sisi lain, proteksi juga harus diberikan. Paparan sinar matahari tidak bisa terhindarkan. Itulah mengapa kulit butuh proteksi. Kamu bisa oleskan sunscreen. Kandungan SPF di dalam produk ini mampu menangkal sinar UV yang bisa membuat kulit kering.

 

Kulit Kering di Ruangan Ber-AC

Sebenarnya, tidak hanya mereka yang ada di luar ruangan saja yang berisiko mengalami masalah kulit kering. Kamu yang beraktivitas di ruangan ber-AC juga bisa mengalami hal yang sama.

Banyak yang salah sangka tentang hal ini. Mereka menganggap ruangan ber-AC bisa membuat mereka terbebas dari masalah kulit kering. Karena ruangan dingin, tidak panas seperti di luar ruangan, maka kulit akan aman. 

Faktanya tidak demikian. Jika kamu berada di luar ruangan, kulit kamu bisa kering karena sengatan sinar matahari. Sementara itu, jika kamu berada di ruangan ber-AC, maka pendingin ruangan tersebut akan menarik kelembaban ruangan. Akibatnya, kulit kamu tidak lebih mudah menjadi kering.

Bahkan, efek jangka panjangnya bisa lebih berbahaya. Karena ketika kulit kamu terlalu sering terkena AC, kulit akan lebih mudah rusak. Hal ini disebabkan kulit kamu tidak mendapatkan kelembaban alami dari udara. Kulit akan lebih mudah kering, kusam, pecah-pecah, dan bahkan mengelupas.

Makanya, krim pelembab kulit tetap harus diaplikasikan meskipun kamu berada di dalam ruangan ber-AC, bukan di luar ruangan. Potensi kulit mengalami dehidrasi itu ada. Hanya, faktor penyebabnya yang berbeda.

 


Tips Sederhana Mencegah Kulit Kering dan Kusam

Di manapun kamu beraktivitas, entah itu di luar atau di dalam ruangan, ada kemungkinan kamu mengalami masalah kulit kering dan kusam. Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Berikut ini tips sederhana pencegahan yang sebaiknya kamu terapkan setiap hari:

  1. Konsumsi 8 Gelas Air Putih Setiap Hari
    Pastikan kamu mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari. Ini tidak hanya baik  untuk kesehatan tubuh tapi juga khususnya bagi kulit.

    Tips yang satu ini terdengar sangat sederhana. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikannya. Padahal, jika tips ini diterapkan setiap hari, kulit kamu akan lembut. Kamu harus ingat penyebab utama kulit kering adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. 

  2. Konsumsi Buah dan Sayuran
    Selain minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, kamu juga harus rajin makan buah dan sayuran. Terutama yang banyak mengandung vitamin C. Contohnya saja buah jeruk dan sayuran tomat. Pasalnya, vitamin C ini mampu melembabkan kulit dengan baik dari dalam.

  3. Gunakan Krim Pelembut Kulit 
    Untuk membantu agar kulit lebih cepat lembab dan tidak kering, kamu juga perlu menggunakan krim pelembut kulit. NIVEA Creme bisa kamu andalkan, krim yang mampu melembabkan kulit secara efektif. Diperkaya dengan Eurecit, krim ini juga melindungi kulit kamu agar tidak kering lantaran terpapar sinar matahari. Kulit kamu akan terasa lembab, lembut, dan juga kenyal.
    Krim NIVEA Crème

    NIVEA Crème sangat aman untuk digunakan setiap hari dan cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan, jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitive, kamu tidak perlu khawatir. NIVEA Crème sudah teruji secara dermatologi bisa digunakan semua usia, entah itu anak-anak maupun dewasa.

Berada di daerah tropis memang memiliki risiko sendiri. Salah satunya risiko memiliki kulit yang kering. Namun, itu tidak perlu kamu khawatirkan. Dengan menggunakan krim pelembab kulit serta menerapkan tips tersebut di atas, kamu bisa terhindar dari masalah kulit yang satu ini.