Ini Alasan Pentingnya Kamu Perlu Eksfoliasi Wajah

Ini Alasan Pentingnya Kamu Perlu Eksfoliasi Wajah

Tahukah kamu sel kulit mati yang sudah terlalu lama tidak dibersihkan secara rutin akan menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi tampak kusam hingga berjerawat? Oleh karena itu kamu perlu melakukan perawatan yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati yaitu dengan eksfoliasi kulit wajah.

Sebagai proses yang harus dilewati untuk menjaga kulit yang sehat dan tetap cantik, kamu tentu harus memahami tentang proses yang satu ini. Supaya bisa mendapat hasil terbaik, kamu harus melakukan eksfoliasi dengan benar. Yuk simak ulasan lengkapnya!


Apa Itu Eksfoliasi? 


Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan scrubbing atau eksfoliasi? Eksfoliasi adalah suatu proses dimana sel-sel kulit mati yang ada di lapisan kulit paling luar akan terkikis atau terangkat. Perawatan ini tentunya dapat dikerjakan di klinik kecantikan maupun di rumah kamu sendiri. Manfaat eksfoliasi pada kulit dapat membantu mengatasi masalah kulit yang terasa kering atau kusam, membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan mencerahkan serta penampilan kulit kamu tetap sehat dan terasa kenyal.


Secara alami, kulit kamu akan melepaskan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel-sel yang baru setiap 30 hari lho. Bahkan, pada dasarnya manusia memproduksi sekitar 500 juta sel kulit setiap hari, tidak heran jika sel kulit mati akan menumpuk di permukaan. Namun terkadang, sel-sel mati itu tidak akan terlepas sepenuhnya. Hal ini yang memicu munculnya jerawat pada kulit, pori-pori menjadi tersumbat dan juga kulit bersisik. 


Eksfoliasi dapat membantu penampilan kulit tampak lebih baik dengan berbagai cara, karena dengan eksfoliasi dapat membantu kulit terlihat lebih cerah, membantu meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit, serta membantu nutrisi lebih cepat terserap ke kulit. Selain itu, dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, ini akan membantu pori-pori tidak tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat yang ada di kulit kamu.


Tak hanya itu, eksfoliasi dengan jangka waktu yang panjang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan senyawa kunci agar kulit tetap sehat dan tampak berkilau. Kolagen juga dapat membantu menyamarkan munculnya garis-garis halus, kerutan dan penuaan kulit.


Eksfoliasi bisa dilakukan di seluruh bagian tubuh kamu, namun eksfoliasi yang paling penting diperhatikan adalah eksfoliasi pada bagian wajah. Dalam hal ini, eksfoliasi pada bagian wajah adalah perawatan kulit wajah yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit wajahmu. Perawatan eksfoliasi yang terjadwal secara rutin akan membuat kulit wajahmu tampak lebih cerah, membantu menyamarkan garis kerutan wajah dan juga terhindar dari jerawat yang membandel.


Jenis Eksfoliasi pada Wajah


Salah satu cara untuk membuat wajah tampak lebih cerah, tidak tampak kusam, dan membuat produk skincare atau make-up lebih menempel pada wajah adalah dengan rutin eksfoliasi.  Di dalam dunia kecantikan, terdapat jenis-jenis eksfoliasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan tipe wajahmu, physical exfoliation dan chemical exfoliation. Lalu apa bedanya?


Physical exfoliation merupakan proses penggosokan permukaan wajah dengan tujuan untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Untuk melakukan eksfoliasi ini kamu bisa menggunakan sponge atau dengan produk bertekstur yang kasar seperti mengandung microbeads atau scrub. Biasanya, produk eksfoliasi bahan-bahan yang dipakai bersifat natural dan ada disekitarmu seperti, gula, biji-bijian atau bisa juga dengan ekstrak tanaman. 


Physical exfoliation direkomendasikan untuk tipe kulit normal to oily. Namun, karena teksturnya yang kasar, bagi pemilik kondisi kulit sensitif tidak disarankan untuk menggosok wajah terlalu kencang. Hal ini mengakibatkan kulit wajah menjadi iritasi dan terasa lebih tipis.

Sedangkan chemical exfoliation adalah proses mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan bahan-bahan kimia berbentuk cair yang yang meresap ke dalam kulit. Saat sel kulit mati diangkat dari wajah, bahan eksfoliasi ini akan membantu untuk meregenerasi sel kulit yang terbaru. Eksfoliasi jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang sensitif. 


Biasanya, Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA) adalah bahan yang terkandung untuk chemical exfoliation. Kandungan dari AHA sendiri cocok untuk kamu yang memiliki masalah warna kulit yang terlihat tidak merata. Sedangkan BHA adalah kandungan acid yang dapat bekerja dengan baik pada sebum, sehingga dapat menyerap masuk ke dalam epidermis kulit hingga ke pori-pori wajah.


Macam-macam Produk Eksfoliasi


Saat ini, berbagai produk eksfoliasi bisa kamu temukan dengan mudah. Namun, kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis produk eksfoliasi, di antaranya:


  1. Scrub


Umumnya face scrub memiliki tekstur butiran halus yang langsung digosokkan ke permukaan kulit wajah. Namun, kamu perlu memperhatikan saat mengaplikasikan face scrub ini ke wajah kamu! Karena jika dilakukan terlalu kencang, hal ini dapat memicu iritasi. Terlebih, jika kamu memiliki kondisi kulit sensitif dan berjerawat. 


Nivea Make Up Clear White 2in1 Scrub yang diformulasikan khusus untuk pengguna make-up yang memungkinkanmu untuk bisa melakukan eksfoliasi wajah di rumah. Berbentuk partikel halus yang tidak menyebabkan iritasi kulit wajah, bisa menjadikan kulit wajah terasa lebih bersih, tampak cerah dan terasa halus jika dilakukan secara rutin dan benar.


  1. Lotion


Meskipun berbentuk lotion, biasanya produk eksfoliasi yang satu ini memiliki tekstur yang sedikit cair. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan kapas untuk mengaplikasikannya ke permukaan kulit. Biasanya, penggunaan eksfoliasi dengan lotion hanya digunakan 2–3 kali dalam satu minggu. Kandungan lotion sendiri termasuk ''mild'', sehingga tidak sekeras produk eksfoliasi lainnya. Ketika wajah sedang terasa kaku dan kering, lotion bisa memberikan kesan nyaman dan juga memiliki kandungan yang menyegarkan serta melembapkan. 


  1. Mask


Sesuai dengan namanya, eksfoliasi mask ini digunakan dengan cara membalurkan produknya ke permukaan kulit dan didiamkan beberapa saat sebelum dibilas. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air yang mengalir ke seluruh permukaan wajah. Penggunaan eksfoliasi mask memang sedikit sulit karena pengaplikasiannya yang kurang praktis dibandingkan dengan eksfoliasi toner.


  1. Toner


Untuk perawatan kulit harian, kamu bisa memilih toner sebagai eksfoliasi secara kimiawi. Pada umumnya eksfoliasi dengan menggunakan toner memiliki tekstur cair yang cepat meresap ke dalam lapisan epidermis kulit. Kamu membutuhkan kapas untuk mengaplikasikan ke kulit agar kotoran tersebut dapat terangkat dengan seutuhnya.


  1. Serum


Produk eksfoliasi serum ini biasanya memiliki tekstur yang cukup kental sehingga kamu bisa langsung mengaplikasikannya tanpa menggunakan alat bantu apapun, kamu pun tidak perlu menggunakan kapas untuk mengaplikasikannya. Jangan khawatir, jika penggunaan serum eksfoliasi menimbulkan rasa menggelitik di kulit. Kandungan asam yang ada di serum eksfoliator juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang diakibatkan dari kotoran atau penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan penyumbatan di pori-pori wajah. Untuk penggunaannya jangan digunakan setiap hari, karena idealnya eksfoliasi jenis ini bisa dipakai 2-3 kali seminggu. Untuk hasil yang optimal, kamu dapat memakai sekitar 5 hingga 10 tetes pada area wajah serta leher. Biarkan sampai kurang lebih 10 menit kemudian bilaslah dengan air hangat.

Kapan Wajah Butuh Eksfoliasi?


Eksfoliasi wajah memang penting untuk kesehatan kulit, namun sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Ini karena, sel kulit bisa mengalami kerusakan dan tanda-tanda penuaan dapat muncul lebih cepat. Jadi, hindari eksfoliasi setiap hari ya! Kondisi kulit yang berbeda memerlukan waktu pengelupasan yang berbeda, jadi sebaiknya kamu perlu tahu mengenai kondisi wajah untuk menentukan kapan pengelupasan yang benar akan dilakukan.


Adapun hal yang paling bisa terlihat adalah saat kulit wajahmu tampak kusam. Penumpukan sel-sel kulit mati membuat kulitmu terlihat berbeda seperti biasanya. Ketika kamu menyadari kulit tampak lebih kusam, segeralah lakukan eksfoliasi sesuai tipe kulit wajahmu ya.


Beberapa produk eksfoliasi di atas dapat digunakan setiap hari, tetapi ada juga yang digunakan 2–3 kali dalam seminggu. Pastikan sebelum menggunakan produk eksfoliasi, kamu membaca terlebih dahulu keterangan yang ada di kemasannya.


Setelah penggunaan scrub atau eksfoliasi pada wajah, tentunya jangan lupa untuk menyelipkan salah satu step ini ya, applying moisturizer! Terkadang salah satu langkah ini sering dilupakan setelah melakukan eksfoliasi. Sebenarnya, dengan menggunakan pelembap yang tepat, kamu bisa menjaga wajahmu tetap lembap dan terhindar dari kulit kering, dan dengan begitu eksfoliasi akan bekerja dengan baik.


Salah satu pelembap sepanjang masa yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya adalah Nivea Creme.

Karena mengandung pelembap alami, tentunya Nivea Creme dapat dipakai sebagai pelembap kulit. Nivea Creme harus dioleskan dengan ringan, terutama pada bagian kulit yang terasa kering.


Tak hanya bisa melembapkan, Nivea Creme juga dipercaya dapat mencerahkan kulit yang terlihat kusam akibat polusi dan juga matahari. Kandungan citric acid di dalamnya ternyata juga dapat mengeksfoliasi kulit secara ringan lho.


Tak hanya kulit wajah, Nivea Creme juga bisa digunakan di seluruh bagian tubuh. Mulai dari wajah, siku, bagian lutut yang kering, dan bibir, apalagi jika kamu pengguna lip tint atau lip matte yang terkadang susah dibersihkan, pastinya kamu perlu produk eksfoliasi yang bisa bekerja sebagai produk yang bisa melembapkan juga.


Kebanyakan, Nivea Creme lebih sering diaplikasikan ke wajah ketika eksfoliasi sudah selesai. Kulit wajah yang cenderung kering setelah proses eksfoliasi tentunya membutuhkan kelembapan yang lebih ekstra untuk mengembalikan kadar air pada wajah yang hilang setelah melakukan eksfoliaso. Tiga kandungan pelembap utama yaitu Eucerit, Panthenol, dan Glycerin tentunya membuat produk ini cepat meresap ke epidermis kulit.

Jadi setelah membaca petunjuk eksfoliasi yang benar diatas, pastinya kamu akan terbantu untuk melakukan eksfoliasi dengan cara yang tepat dan pada waktu yang tepat. Jangan lupakan untuk menggunakan produk Nivea untuk hasil yang lebih sempurna!

CARA MUDAH EKSFOLIASI WAJAH DI RUMAH ALA AMANDA ANANDHITA

Eksofoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit mati adalah salah satu perawatan wajah yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, sisa makeup, dan sel – sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam.

Salah satu satu cara yang paling mudah untuk melakukan eksofoliasi wajah adalah dengan menggunakan scrub. Scrub mudah didapat, aman digunakan, dan dapat digunakan satu sampai dua kali seminggu. Untuk eksofoliasi wajah, pilih scrub yang diperuntukkan untuk kulit wajah. Jangan gunakan scrub tubuh untuk men-scrub wajah karena butiran scrub untuk tubuh lebih besar dan dapat mengiritasi kulit wajah.

NIVEA Make Up Clear White 2 in 1 Scrub yang dirancang khusus bagi pengguna make up, dapat kamu gunakan untuk melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah. Scrub nya berbentuk partikel halus, tidak mengiritasi kulit wajah, wanginya segar, dan menjadikan kulit wajah lebih bersih, cerah, dan halus.

Cara menggunakan nya cukup mudah. Pertama bersihkan terlebih dahulu wajah dari makeup, kotoran, atau debu menggunakan NIVEA Micellar Water. Basahi wajah, kemudian keluarkan NIVEA Make Up Clear White 2 in 1 Scrub secukupnya pada telapak tangan dan usapkan pada wajah. Pijat wajah secara halus dengan gerakan memutar. Bilas wajah dengan air besih kemudian keringkan dengan handuk lembut.

 

Untuk hasil terbaik gunakan NIVEA Make Up Clear White 2 in 1 Scrub satu atau dua kali seminggu untuk membantu menjaga kulit wajah tetap bersih, cerah, halus, dan lembut. Selamat tinggal kulit kusam.


-Amanda Anandita

@amandaanandita