Mendongeng tidak hanya sebuah aktivitas membacakan sebuah cerita saja. Di baliknya terdapat sejuta manfaat kebaikan untuk tumbuh kembang anak. Tidak hanya meningkatkan daya kreativitas dan imajinasinya, dongeng juga membantu kemampuan bahasa si kecil, lho!

Mendengarkan Dongeng Menambah Kosakata Anak

Membacakan cerita kepada anak-anak dapat membantu membuat mereka berkenalan dengan bahasa serta mempelajari kosa kata baru. Tanpa si kecil sadari, mendongeng menjadi cara yang menyenangkan bagi mereka untuk mengenal kata-kata dan pelafalan baru secara teratur.

Untuk anak yang usianya lebih kecil, kebanyakan akan meminta orangtuanya membacakan cerita yang sama berulang-ulang. Walau terasa membosankan, tapi ini merupakan cara anak-anak untuk mempelajari dan menyerap kata-kata baru tersebut dan menggunakannya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari.

Si Kecil Mencoba untuk Meniru Ibu Membaca Dongeng

Sering melihat si kecil berpura-pura membaca dongeng walau belum bisa membaca buku atau mengucapkan kata-kata dengan jelas? Mendongeng pada anak-anak membuat mereka terbiasa mendengar kata-kata atau frasa yang mungkin jarang didengar dalam kehidupan sehari-hari. Selain kosa kata yang semakin luas, membacakan cerita adalah cara mudah untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan penting untuk mengembangkan kefasihan dalam berbicara

Cerita dapat Menstimulasi Kemampuan Bicara

Terkadang, anak-anak ragu untuk bertanya, meskipun pikiran mereka dipenuhi dengan rasa ingin tahu. Mendongeng membantu anak-anak mempelajari seni mengajukan pertanyaan yang tepat. Ini juga memberi tahu mereka cara memulai percakapan yang sempurna dan membuat mereka lebih percaya diri.

Membaca Dongeng Meningkatkan Daya Ingat Anak

Selain membantu anak-anak mengenal kata baru, kebiasaan mendongeng setiap malam juga membantu meningkatkan daya ingat si kecil. Setelah membacakan cerita, minta anak untuk mengulanginya selama beberapa hari atau menggambarkan kembali dengan bahasanya sendiri. Bukan hanya itu saja, mendongeng untuk anak-anak juga dapat melatih kemampuan mendengar, yang berpengaruh pada daya konsentrasi untuk memahami sesuatu.

Kebanyakan anak biasanya memiliki rentang perhatian yang lebih rendah dan merasa sulit untuk berkonsentrasi pada sesuatu untuk waktu yang lama.

Jangan lupa lengkapi pengalaman yang menyenangkan ini bersama sentuhan lembut Ibu dengan NIVEA Creme. Kandungan Eucerit® mampu memberikan perlindungan terbaik bagi kulit wajah dan tubuh. Tidak ada lagi keluhan kulit kering karena NIVEA Creme menjadikan kulit tetap lembap dan lembut. Produk ikonik ini juga sudah teruji secara dermatologis sehingga aman dan cocok digunakan sehari-hari untuk memenuhi nutrisi kulit anak-anak dan dewasa.

Yuk, bantu si kecil tingkatkan kemampuan bahasanya dengan rutin membacakan dongeng setiap hari.