Kebanyakan orangtua menganggap dongeng hanya sebagai bagian dari rutinitas pengantar tidur si kecil. Dikenal sebagai kegiatan yang menenangkan, mendongeng ternyata memiliki banyak manfaat baik yang dapat dilakukan sesering mungkin, terutama 3 momen penting berikut ini.

Saat Traveling, Jadikan Pemandangan Sepanjang Perjalanan sebagai Materi Dongeng yang Asyik

Mumpung sedang libur, ada rencana untuk mengajak si kecil traveling? Takut bosan dan jenuh, biasanya orangtua akan membawakan mainan atau buku yang dapat menghibur anak-anak. Tapi jika sedang enggan membawa banyak barang saat sedang bepergian, jadikan pemandangan sepanjang perjalanan sebagai inspirasi untuk menceritakan dongeng pada anak.

Ini saatnya membuka mata dan melihat apa yang ada di sekitarmu untuk dijadikan kisah yang asyik dan mendidik. Misalnya melewati pepohonan yang lebat bisa dijadikan latar untuk dongeng binatang yang hidup di hutan belantara. Pilih nama yang mudah dihafal dan cerita yang ringan sehingga anak-anak mudah memahaminya dan tertarik untuk mendengarkannya sambil menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

Belajar Mengenal Lingkungan Sekitar Sambil Mendongeng

Anak bisa belajar di mana saja karena di usianya, si kecil bisa menyerap informasi yang didapat dengan mudah. Ajak mereka untuk belajar mengenal lingkungan sekitar sambil membacakan dongeng. Misalnya saat menemukan serangga di taman atau halaman rumah, ceritakan tentang istana semut atau persahabatan antar serangga.

Sedangkan saat berada di kebun binatang, ambil beberapa jenis binatang sebagai tokoh dalam dongengmu. Selipkan informasi yang bersifat edukatif sehingga lebih mudah diterima dan dipahami oleh anak-anak.

Mendongeng Sambil Menggambar, Ajak Anak Melatih Kemampuan Imajinasi dan Visualisasinya

Jangan sia-siakan kemampuan dan keahlian dalam menggambar. Tidak harus sebagus pembuat komik atau buku cerita anak, tapi cukup jelas untuk dijelaskan bagi anak-anak. minta anak untuk menjelaskan tokoh utama dalam dongeng dan giliranmu untuk menggambarnya. Begitu juga dengan jalinan cerita, berikan kebebasan pada anak untuk mengarang sesuai dengan imajinasi yang dimilikinya.

Selain itu, bantu anak-anak membayangkan cerita lebih baik dengan melukis tokoh-tokohnya, baik dengan bahan kertas maupun yang ditemukan di sekitarmu seperti batu atau daun.

Minta mereka untuk melukis bagaimana mereka membayangkan karakter utamanya, misalnya memiliki wajah biru dengan tiga mata atau senyum lebar berwarna kuning. Bukan hanya membantu mereka mengekspresikan imajinasi mereka melalui kegiatan kreatif, juga bisa menjadi kegiatan yang bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

Yuk, perkenalkan cara mendongeng baru yang dapat menarik minat sekaligus memberikan banyak manfaat baik bagi tumbuh kembang anak. Tapi sebelumnya, pastikan anak-anak merasa nyaman dengan memberikan sentuhan lembut lewat NIVEA Creme.

Kandungan Eucerit® di dalamnya mampu menjaga kelembutan dan kehalusan kulit baik untuk kulit wajah maupun tubuh. Telah teruji secara dermatologis, NIVEA Creme aman dan cocok bagi seluruh anggota keluarga, baik anak-anak hingga dewasa untuk menutrisi kulit sehari-hari. Siap mendongeng untuk si kecil?