Bacakan Dongeng Jadi Momen Ibu dan Anak yang Tak Terlupakan

Kesibukan sering jadi alasan Ibu yang beranggapan tidak punya banyak waktu untuk membacakan dongeng sebelum tidur. Padahal, membacakan cerita walau anak sudah beranjak besar punya banyak manfaat. Masih ragu menjadikannya sebagai salah satu rutinitas sebelum tidur? Simak beberapa alasan pentingnya membacakan cerita sebelum tidur berikut ini.

Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Dongeng sebelum tidur memberi kesempatan untuk mengenal lebih banyak kata-kata yang mungkin tidak mereka dengar, terutama kosakata rumit yang mungkin tidak sering digunakan dalam pembicaraan sehari-hari. Dongeng sebelum tidur juga meningkatkan ingatan anak-anak. Sebelum mampu menggunakannya dengan tepat, anak perlu mendengarnya beberapa kali. Tidak heran jika mereka memiliki buku dongeng yang minta dibacakan berulang kali hingga hafal kata-kata dan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Imajinasi

Imajinasi seorang anak tidak memiliki batas, tetapi perlu dirangsang. Mendengarkan cerita pengantar tidur dan melihat gambarnya, anak-anak dapat membayangkan dan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu, mereka juga terbiasa berkonsentrasi karena harus membayangkan gambaran dalam pikiran saat mendengar kata-kata yang ada dalam buku.

Mengenalkan Nilai-Nilai Moral

Anak-anak biasanya akan lebih mengingat hal-hal saat dalam keadaan rileks. Oleh karena itu, membacakan dongeng paling tepat dilakukan sebelum tidur. Selain memuluskan rutinitas menjelang istirahat malam, cerita yang kaya akan nilai-nilai moral akan lebih diserap dan diingat oleh si kecil. Pilih buku cerita yang tepat buat anak, bukan hanya punya tokoh dan jalan cerita yang menarik, tapi juga nilai-nilai baik yang terkandung di dalamnya. Mulai dari pentingnya kejujuran, berbuat baik pada orang lain, hingga menaati aturan.

Menciptakan Ikatan Ibu-Anak yang Kuat

Setelah seharian beraktivitas, tidak ada yang lebih baik selain duduk bersama anak Anda di sofa atau berbaring di atas tempat tidur dan membaca cerita pengantar tidur bersama. Meluangkan waktu bersama-sama untuk sesuatu yang Ibu dan si kecil nikmati dapat membantu menciptakan ikatan yang kuat di antara Anda.

#Sentuhan Ibu saat sedang memeluk si kecil atau sekadar mengusap-usap lembut tangannya saat membacakan dongeng memberikan rasa rileks dan aman. Jika dilakukan secara rutin, tidak heran jika bonding yang terjalin antara orangtua dan anak semakin kuat. Supaya si kecil tidak gampang bosan, variasikan buku yang dibacakan setiap malam atau gunakan alat bantu yang bikin dongeng terdengar makin menarik. Selain itu, tambahkan sentuhan Ibu yang lembut di setiap malam dengan colek-colek menggunakan NIVEA Creme Special Edition LOBU. Disertai dengan 3 dongeng menarik pada kemasannya yakni “Bimbim dan Kebun Bunga Rahasianya”, “Ayu Sang Idola Hutan”, dan “Koko Rangkong yang Pandai Mengayun”, saat mendongeng jadi makin seru.

NIVEA Creme merupakan pelembap serbaguna yang cocok bagi seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Teruji secara dermatologis, formula di dalamnya mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembapan kulit setiap hari. Jadikan membaca dongeng sebelum tidur sebagai kebiasaan baik untuk menjaga bonding Ibu dan anak ya!

REKOMENDASI KAMI UNTUK ANDA