Ibu dan Anak Berkebutuhan Khusus

Setiap anak merupakan anugerah yang tak ternilai harganya bagi setiap orangtua. Namun, tak sedikit yang dianugerahi anak-anak yang memiliki kebutuhan yang berbeda dengan kebanyakan, baik secara fisik maupun psikis. Sebagai orangtua dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), mungkin Anda dan pasangan sering menemukan perbedaan pendapat dan tantangan tersendiri dalam merawatnya. Tentu, bukan hal yang mudah pula untuk membesarkan, melakukan pengasuhan, serta memberikan pendidikan dan pendampingan untuk anak-anak ini.

Ingatlah bahwa penerimaan tanpa syarat, sentuhan seorang ibu, kasih sayang yang tulus, dan memberikan mereka ruang seluas-luasnya dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal sesuai dengan potensi dan kemampuan mereka. Berikan anak ABK ruang yang sama seperti anak-anak lainnya untuk bisa mengeksplorasi sekitarnya.

Teruslah memberikan sentuhan kasih sayang pada anak-anak Anda, jangan berputus asa dan tersenyumlah, karena Anda adalah segalanya bagi mereka.

Lembaga Pengembangan Diri dan Komunitas Kemuning Kembar.

Support System Untuk Ibu Dengan Anak Berkebutuhan Khusus

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh Ibu dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah support system. Apa sih sesungguhnya yang dimaksud dengan support system ini? Jadi, support system adalah kondisi lingkungan yang ideal dan kondusif bagi Ibu dengan ABK untuk membesarkan anak-anaknya.

Bagaimana support system terbangun? Dimulai dengan Anda sebagai Ibu dari ABK meluangkan waktu untuk bercerita untuk membagi beban pikiran kepada orang kepercayaan. Anda juga bisa mengunjungi ahli seperti dokter, psikolog, atau guru sekolah ABK karena berbagi dengan sesama orangtua ABK juga akan membantu Anda merasa memiliki partner berjuang dan wawasan tentang pengalaman mengasuh ABK.

Jangan dulu berpikiran bahwa lingkungan memberikan tekanan atau pandangan buruk. Berpikirlah positif selalu agar lingkungan tahu bahwa Anda adalah sosok tangguh yang dapat menjadi inspirasi. Peran Anda pun diperlukan untuk mendidik lingkungan mengenai informasi ABK agar terbentuk support system yang utuh untuk Anda.

Jangan menutup diri, teruslah berbagi, dan tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tangguh. Ajak keluarga, teman, dan lingkungan sekitar untuk tahu bahwa ABK pun bisa tumbuh optimal sesuai dengan potensi dan kemampuan mereka.

Sumber:

Ibu Mufti, Guru Bimbingan Konseling SLBN A Kota Bandung

Inspirasi Bernama Sentuhan Ibu

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dibagi menjadi beberapa kategori, salah satunya adalah tuna netra. Walaupun tidak dapat melihat, ABK punya kelebihan dalam indera lain. Memiliki kebutuhan khusus bukan berarti tidak bisa berprestasi, seperti kisah-kisah menarik ini.

Ibu Siti adalah ibunda dari Nadila, yang lahir secara prematur dengan kondisi low vision. Ibu Siti sadar bahwa anaknya tidak dapat sepenuhnya melihat, tapi itu bukanlah akhir dari segalanya. Ibu Siti terus mengembangkan potensi Nadila hingga anaknya bisa sukses mengoleksi berbagai piala kemenangan dari berbagai kejuaraan. Mulai dari fashion show hingga tenis meja.

Kondisi ABK bukan berarti tidak dapat mencetak berbagai prestasi gemilang. Terbukti dengan kegigihan Ibu Siti yang tak pernah berhenti memberikan sentuhan terbaiknya kepada Nadila. Untuk Anda, bila memiliki ABK, jangan pernah menyerah untuk membantu mereka mengejar mimpi.

Sumber:

Interview dengan Ibu Siti (Ibunda dari Nadia)