Tahukah kamu jika jutaan keluarga di berbagai belahan dunia merayakan Hari Keluarga Internasional yang jatuh setiap tanggal 15 Mei. Momen itu dijadikan pengingat untuk setiap keluarga untuk mendekatkan diri, terutama orangtua dan anak. Agar quality time saat berkumpul bersama keluarga jadi terasa seru dan menyenangkan, libatkan seluruh anggota keluarga untuk mendongeng sambil bermain peran.

Ajak Si Kecil untuk Memilih Sendiri Dongeng Favoritnya

Biarkan anak-anak memilih cerita yang mereka sukai. Tapi sebelumnya, arahkan si kecil pada buku atau kisah-kisah yang sesuai dengan umur dan tumbuh kembangnya, ya.

Untuk anak-anak yang usianya masih terlalu muda, buku dengan gambar besar dan warna yang kontras akan menarik perhatiannya. Sedangkan untuk anak yang lebih besar bisa melibatkan suara atau aktivitas lain yang ada di dalam halaman buku, misalnya tombol yang mengeluarkan bunyi tertentu, bagian buku yang bisa dibuka tutup, hingga aktivitas seru lainnya.

Tak hanya Sekadar Dibacakan, Ajak Anggota Keluarga yang Lain untuk Memerankan Setiap Tokoh yang Ada

Setelah memilih dongeng yang disukai si kecil, jangan hanya sekadar membacakannya saja. Bikin kegiatan mendongeng makin seru dengan mengubahnya menjadi bentuk drama yang dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. Gunakan kostum atau alat lainnya yang bisa mendukung peran masing-masing orang, misalnya kostum binatang, ibu peri, maupun putri dongeng.

Tidak harus menyewa atau membeli kostum baru, kok. Buka lemari pakaian dan gunakan barang-barang yang ada kaitannya dengan karakter dalam dongeng. Asah kreativitasmu, misalnya mengubah taplak meja menjadi jubah pangeran hingga membuat topeng dari bahan kertas.

Dukung dengan Properti yang Bisa Menghidupkan Cerita

Ada berbagai properti yang bisa digunakan untuk menghidupkan dongeng. Papan flanel yang bisa dibuat sendiri di rumah bisa dimanfaatkan untuk menceritakan dongeng dengan lebih interaktif. Jika memiliki waktu luang yang cukup, buat sendiri properti dongeng dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, misalnya karton bekas untuk rumah-rumahan atau kertas koran untuk membuat kostumnya.

Ibu juga bisa memanfaatkan halaman rumah atau taman sebagai latar dongeng yang mengambil tempat di hutan belantara. Gunakan kostum atau manfaatkan binatang hewan milik si kecil dengan suara yang diubah sesuai karakter dalam dongeng.

Serunya mendongeng sambil bermain peran tentunya akan meninggalkan kesan dan kenangan menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. Sebelum bermain, jangan lupa melindungi kulit seluruh anggota keluarga dari kering dengan sentuhan lembut NIVEA Creme.

Dikenal sebagai pelembap kulit wajah dan tubuh, kandungan Eucerit® di dalamnya ampuh merawat kulit tetap lembap dan lembut. Tidak perlu ragu menggunakan NIVEA Creme setiap hari karena telah teruji secara dermatologis, sehingga aman dan cocok sebagai nutrisi kulit bagi anak-anak dan dewasa.

Yuk, rayakan Hari Keluarga Internasional dengan mendongeng untuk si kecil!