Hari Dongeng Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 20 Maret di seluruh dunia bisa jadi momen bagi orangtua untuk memulai kebiasaan baik ini sejak dini. Bukan hanya sekadar tiduran sambil membacakan dongeng, acara storytelling dengan si kecil bisa jadi unik dan menarik dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Menggunakan Kostum Sesuai Jalan Cerita

Minta si kecil untuk memilih buku cerita atau kisah dongeng favoritnya lalu gunakan kostum sesuai dengan jalan ceritanya. Jika memiliki anggaran lebih, Ibu bisa memanfaatkan tempat penyewaan busana seperti kostum binatang atau putri zaman dahulu. Tapi jika dihadapkan dengan anggaran maupun waktu yang terbatas, ini saatnya mengasah kreativitas.

Pilih salah satu item yang menonjol, misalnya nenek sihir dengan topi lebarnya atau buat topeng hewan berbahan kertas yang mudah dibuat. Bukan hanya seru, si kecil dijamin bakal tertarik mendengarkan cerita, bahkan minta untuk diajak memainkan salah satu tokoh cerita.

Jangan Lupa Gunakan Gimmick Wajah Menarik dan Suara yang Berbeda

Membacakan dongeng dengan ekspresi wajah yang datar dari awal hingga akhir atau nada suara yang itu-itu saja, membuat si kecil mudah bosan. Gunakan ekspresi wajah dan variasi suara untuk menghidupkan berbagai karakter dalam buku. Jangan malu untuk membaca dongeng dengan keras, gunakan aksen yang berbeda, dan jadilah sedikit dramatis. Dijamin, anak-anak akan menyukai caramu mendongeng dan meminta lagi, lagi, dan lagi.

Ajak Si Kecil Masuk dalam Cerita dan Lakukan Perannya

Jangan hanya membacanya sendiri saja, tapi ajak anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan mendongeng. Pilih buku cerita favoritnya lalu tanyakan tokoh yang paling disukai oleh si kecil. Jika ia sudah cukup hafal dengan jalan ceritanya, ubah menjadi drama lengkap dengan atribut uniknya.

Bisa juga menanyakan pada anak-anak apa yang akan terjadi jika jalan cerita mengalami sedikit perubahan, terutama pada akhir cerita. Hal ini dapat mengasah imajinasi dan kreativitas, sekaligus sukses menarik minat dan rasa penasarannya pada dongeng yang sedang dibacakan.

Awali dengan kebiasaan mendongeng sebelum tidur di rumah lengkap dengan sentuhan lembut Ibu bersama NIVEA Creme. Produk ikonik dengan kandungan Eucerit® mencegah kulit kering serta menjadikannya tetap lembap dan lembut. Gunakan NIVEA Creme sebagai pelembap kulit wajah dan tubuh bagi seluruh anggota keluarga, karena telah teruji secara dermatologis sehingga aman dan cocok dipakai setiap hari.

Yuk, peringati hari Dongeng Sedunia dengan cara yang unik untuk menciptakan kenangan manis yang akan diingat si kecil sepanjang masa.