Hidup di zaman serba teknologi ini memberikan banyak kemudahan. Tidak heran jika kini gadget menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari. Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak pun kini makin akrab dengan screen time yang membuat komunikasi dan bonding jadi berkurang.

Jangan remehkan kondisi ini, bantu dengan aktivitas mendongeng yang memiliki berbagai manfaat di era digital berikut ini.

Rasa Nyaman Saat Saling Bercerita dan Mendengarkan

Biasanya, anak-anak lebih suka berbicara daripada mendengarkan dan perilaku ini terbukti terutama di kelas. Konsentrasi yang terbatas biasanya membuat mereka menjadi pendengar yang kurang baik.

Dongeng membantu anak-anak berhenti, fokus, dan mendengarkan dengan cermat. Ini membantu mereka menjadi lebih penuh perhatian dan tertarik untuk belajar dan memahami. Hal ini akan melatih si kecil untuk lebih banyak mendengarkan daripada banyak berbicara banyak dan memahami dengan lebih baik.

Kedekatan Emosional Saat Adanya Eye Contact

Apa yang Ibu ingat tentang masa kecil terutama saat mendengarkan dongeng sebelum tidur? Kehadiran orangtua memberikan perasaan aman dan nyaman, apalagi saat mendongeng dibarengi dengan eye contact. Hal ini yang menjadi keunggulan dari mendongeng ketimbang melihat film di gadget. Pengaruh visual memang menarik tapi menghilangkan ikatan fisik dan emosional antara anak dan orang tua.

Selain pentingnya eye contact, sentuhan ibu memberi kenyamanan dan perhatian bagi anak saat mendongeng. Oleskan NIVEA Creme sambil menceritakan dongeng favorit yang akan melindungi kulit si kecil dari kering. Kandungan Eucerit® dikenal efektif menjaga kulit wajah dan tubuh tetap lembap dan lembut. Jangan ragu untuk mengaplikasikan NIVEA Creme setiap hari karena telah teruji secara dermatologis sehingga aman dan cocok untuk seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Cerita yang Baik membantu Orangtua dan Anak Belajar menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Di era digital dengan adanya saluran televisi, internet, dan gadget yang tak terbatas, anak dan orangtua terkadang kehilangan kedewasaan dan kemampuan untuk merasakan. Menceritakan kisah-kisah yang memiliki makna yang kuat di dalamnya dapat membantu menanamkan nilai-nilai moral, seperti kejujuran, kebijaksanaan, dan keberanian sejak dini.

Selain itu, mendongeng secara interaktif juga melatih anak-anak untuk merasakan emosi nyata di balik perilaku karakter tertentu. Biarkan mereka berhenti dan bertanya yang akan membantu mereka memahaminya dengan lebih baik dan mengasah kemampuan imajinasinya.

Bukan hanya kedekatan orangtua-anak saja yang terjalin baik, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari proses mendongeng. Tunggu apalagi?