Gaya Hidup Untuk Kesehatan Kulitmu

Minum Cukup

Sering lupa minum air dalam jumlah yang dibutuhkan (2 - 2,5 liter sehari) dan mengandalkan minuman diuretik (kopi & teh) untuk tetap terbangun sepanjang hari? Dehidrasi akan berdampak buruk pada tubuhmu.

Tubuh akan kesulitan membuang zat yang tidak diperlukan, serta terhalang saat mendistribusikan nutrisi ke seluruh sel tubuh - dan tanda utamanya akan terlihat di kulitmu, tampak tua dan keabuan.

Jangan hanya minum saat kamu haus (saat kamu haus, itu berarti kamu sudah dehidrasi)! Menaruh sebotol air putih di mejamu akan membantu mengingatkanmu untuk minum sepanjang hari.

Tidur Cukup

Tidur lama tidak selalu berarti tidurmu berkualitas. Faktanya, tidur berlebihan di akhir minggu akan mengacaukan ritme tubuhmu dan menyulitkanmu untuk kembali ke pola tidurmu di hari kerja. Tidur cukup, minimal 6 jam, akan membantu memulihkan energimu dan memampukanmu untuk selalu berfungsi optimal.

Hindari makan terlalu malam atau sebelum tidur, yang akan menaikkan kadar gula darahmu dan berpengaruh buruk pada kualitas tidurmu.

Tidur Teratur

Apabila kamu berhasil menjaga pola istirahatmu selama dua minggu berturut-turut, tubuhmu akan secara otomatis beristirahat saat waktunya sudah tiba - dan meningkatkan kualitas tidurmu. Tidur lebih nyenyak di malam hari berarti lebih segar di pagi hari.

Sarapan Cukup

Kesibukanmu di awal hari membuatmu sering melupakan sarapan, padahal sarapan adalah makanan terpenting di dalam keseharianmu. Melewatkan sarapan akan mengurangi metabolismemu - tubuhmu akan kesulitan untuk memroses kalori menjadi energi, akibatnya tubuhmu akan terasa lemas sepanjang hari.

Berjemur Di Bawah Matahari

Bersyukurlah kita yang tinggal di negara tropis yang kaya matahari! Sinar matahari akan membantu tubuhmu memroduksi Vitamin D, juga membantumu untuk bersemangat lagi. 10 menit di bawah sinar matahari akan cukup untuk kebutuhan harian tubuhmu - tapi ingat, gunakan perlindungan UV yang baik agar kulitmu tak jadi rusak.

Berolahraga

Bahkan hanya 20 menit berjalan kaki setiap harinya akan membantu memompa semangatmu, juga berpengaruh pada sistem imunmu. Aktivitas yang melibatkan fisik akan membantu mengedarkan oksigen ke seluruh sel di tubuh, meningkatkan energimu, dan membuatmu merasa (dan terlihat) selalu segar.

Konsumsi Tepat

Seperti halnya kamu tidak akan mengisikan Premium ke mobil balap F1, kamu tidak dapat mengembalikan energimu dengan makanan yang salah. Perhatikan konsumsi gizimu sehari-hari: kurangi karbohidrat kosong seperti roti dan soda, dan gantikan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah.

Bernafas Dengan Tepat

Judulnya tidak salah - kebanyakan dari kita akan bernafas pendek-pendek, menyulitkan tubuh kita untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Bernafaslah dengan benar, tarik nafas dalam-dalam sampai abdomenmu terasa penuh dengan udara, kemudian hembuskan nafasmu keluar secara menyeluruh.

Matikan Gadget

Kalau kamu membaca artikel ini di tengah malam, maka kamu harus tahu efek cahaya biru (blue light) yang dikeluarkan alat elektronik terhadap energimu. Seperti halnya kafein, cahaya biru akan membuatmu tetap terjaga dan mengurangi waktu tidurmu. Kurangi kecanduanmu akan kecanggihan teknologi, mulai dari saat kamu sampai ke rumah di sore hari. Matikan ponsel, televisi dan laptopmu pada jam yang telah kamu tentukan; ini akan membantumu mengurangi tingkat stres.

Bekerja Teratur dan Efisien

Semakin kamu menjaga hidup dan pola kerjamu teratur, tingkat stres dan kelelahanmu akan berkurang juga. Bersihkan meja kerjamu, juga buatlah daftar prioritas, agar kamu tidak perlu mengerjakan beberapa hal pada saat yang bersamaan.