MITOS KECANTIKAN: BENAR ATAU SALAH?

SAATNYA MELUPAKAN MITOS YANG SUDAH KETINGGALAN JAMAN!

TIPS DARI NENEK DAN IBUMU MEMANG SERINGKALI BENAR. TAPI BEBERAPA DIANTARANYA JUGA MERUPAKAN DONGENG BELAKA. NIVEA AKAN MENJELASKAN 20 MITOS KECANTIKAN DAN MEMAPARKAN FAKTA LENGKAPNYA.

TENTANG KESALAHAN YANG TERBENTUK SEJAK DULU DAN KEPERCAYAAN YANG SALAH

APA ITU MITOS?

Mitos berasal dari bahasa Yunani dan seringkali disalahartikan karena banyak yang menggunakannya tanpa mencari tahu faktanya, padahal kisah tersebut tidak didasari pengetahuan ilmiah. Mengapa mitos bisa selalu diingat olehmu? Salah satu alasannya adalah karena kita mendengar cerita-cerita tersebut sejak kecil dan tidak pernah melupakannya. Itulah sebabnya kita sering mengulang hal tersebut di rutinitas keseharian kita - karena kita percaya mitos itu benar dan sudah terbiasa melakukan hal itu. Yuk percayakan hal tentang perawatan wajah dan rambut pada penelitian sebenarnya dan temukan kesalahan pada mitos yang dipercaya. Temukan faktanya dan buang mitos palsu dari kepalamu!

Mitos yang berhubungan dengan wajahmu


Siapa yang percaya bahwa pasta gigi bisa membantumu menghilangkan jerawat? Beberapa kepercayaan ditemukan dari sebuah ketidaksengajaan dan bertahan turun-temurun dari generasi ke generasi. NIVEA telah mengumpulkan beberapa mitos tentang perawatan wajah dan akan memaparkan kesalahpahaman yang kamu percaya.




Perawatan wajah: apakah kepercayaan ini salah?


Mitos: Kulitmu ketergantungan pada pelembab

Tentu saja salah. Kulitmu tidak akan mengurangi tingkat kelembabannya karena kamu selalu menggunakan pelembab. Saat kamu menggunakan pelembab, kegunaannya adalah menyeimbangkan kekurangan tersebut dan menguatkan lapisan perlindungan alaminya.


Mitos: Kamu dapat menggunakan handuk untuk memijat wajahmu

Salah. Berhati-hatilah saat mengeringkan wajamu. Bersihkan wajah dengan lembut setelah mencucinya. Memang akan lebih memakan waktu, namun ini akan mengurangi tekanan kepada wajahmu.


MITOS: MENGANGKAT SEL KULIT MATI MEMBUAT KULIT KERING

Tidak sama sekali. Mengangkat sel kulit mati dan bagian wajah yang kotor menimbulkan regenerasi sel dan meningkatkan sirkulasi darah pada bagian teratas kulitmu. Ini juga dapat mengurangi minyak, tanpa membuatnya kering.


MITOS: PASTA GIGI BISA MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT

Bukan ide yang baik! Beberapa pasta gigi memiliki zinc dan memiliki efek mengeringkan dan tidak membakar. Namun banyak juga yang mengandung florine dan mentol. Bahan-bahan ini bisa merusak kulitmu, bahkan membuat bekas jerawatmu semakin parah.

MITOS TENTANG TUBUHMU


Yuk lihat beberapa mitos tentang kecantikan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Apakah berkeringat membuatmu kurus? Ternyata ini hanya mitos. Apakah kamu harus minum air setelah kamu merasa haus? Apapun kenyataannya - terima saja.




PERAWATAN TUBUH: KEBENARANNYA

MITOS: KAMU AKAN MENDAPATKAN TIDUR YANG PULAS SESAAT SEBELUM TENGAH MALAM

Salah: Yang penting adalah pada fase tidur nyenyak - waktu dimana tubuh dan pikiranmu pulih - terjadi pada 5 jam pertama ketika kamu tertidur. Tidak ada bedanya apakah itu sebelum atau setelah tengah malam.

MITOS: TIDAK MUNGKIN MINUM TERLALU BANYAK AIR

Kebalikannya. Terlalu banyak minum air bisa menggangu tubuhmu. Apalagi jika kamu sering berkeringat, tubuhmu akan kekurangan garam. Rekomendasi untukmu adalah untuk minum sekitar 2-3 liter setiap hari. Ini memang berbeda untuk setiap orang tergantung dengan berat badan dan aktivitasmu.

MITOS: BERKERINGAT BISA MEMBENTUK TUBUHMU

Tidak juga. Berkeringat memang meningkatkan kesehatan, tapi tidak membuatmu menjadi lebih kurus. Dalam olahraga atau di sauna: air yang hilang karena keringat akan dikembalikan saat kamu minum setelahnya.

MITOS: KERINGAT DI KETIAK SELALU MEMILIKI BAU TAK SEDAP

Tidak sama sekali! Keringat yang muncul di ketiak tidak memiliki bau. Aroma tidak sedap tersebut muncul saat bakteri tubuh mulai bereaksi dengan keringat tersebut.

MITOS: VARISES MUNCUL KARENA KAMU SERING DUDUK BERSILA

Abaikan. Walaupun varises seringkali muncul di bagian belakang kakimu, namun duduk bersila tidak ada hubungannya dengan varises. Perbedaan urat yang menyebabkan varises muncul karena gen yang lemah terhadap jaringat ikat tubuh.

MITOS: BERCUKUR MEMBUAT BULU YANG TUBUH MENJADI LEBIH TEBAL

Tidak benar. Saat rambut yang muncul karena dicukur tumbuh lagi, terlihat lebat karena semuanya memiliki panjang yang sama.

MITOS: MANDI TERLALU LAMA MEMBUAT KULITMU KERING

Bisa jadi benar, namun jika kamu perhatikan, kamu bisa menikmati mandi tanpa takut akan apapun. Temperatur yang hangat. Durasi yang tidak lebih dari 30 menit. Dengan perlengkapan mandi yang melembutkan dan merehidrasi kulit, kamu bisa memberikan perlindungan lebih pada kulitmu.

MITOS SEHARI-HARI


Apa saja kisah yang sering kamu dengar? Ketahui beberapa mitos dan temukan rahasia dari mitos-mitos seputar kecantikan.




MITOS SERING YANG KAMU DENGAR

MITOS: COKELAT BISA MEMBUATMU BERJERAWAT

Salah. Diet yang tidak sehat memiliki efek negatif pada penampilan kulitmu. Namun, pori-pori yang tertutup adalah penyebab utama munculnya jerawat, disebabkan oleh peningkatan produksi minyak dan sel corneus. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon, jenis kulit dan jenis perawatan kulitmu.

MITOS: SPOT YANG ADA PADA KUKU ADALAH KARENA KEKURANGAN KALSIUM

Tidak benar. Penyebab munculnya spot ini kemungkinan besar karena goresan/luka di daerah pertumbuhan kuku.