Apa Yang Masyarakat Awam Bisa Lakukan

 

Tidak jarang kita bertemu dengan orang atau anak yang memiliki keterbatasan fisik (berkebutuhan khusus) baik di jalan maupun di pusat-pusat perbelanjaan dan lainnya. Kemudian kita tentunya bertanya-tanya: bagaimana sikap saya jika berhadapan dengan orang atau anak berkebutuhan khusus? Bagaimana saya bisa ikut berkontribusi menyebarkan informasi yang benar? Dan bagaimana saya bisa membantu mereka?

Sesungguhnya tidak susah untuk berperan serta sebagai anggota masyarakat yang baik atau manusia yang baik kepada sesama, terutama kepada mereka yang mempunyai kebutuhan khusus.

Dengan membaca artikel ini, tentunya kamu yang memiliki raga yang sempurna, dan tidak kurang suatu apa  menjadi menjadi lebih bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus juga lebih menghargai dan mengerti keadaan sesama yang berkebutuhan khusus. Memang, sungguh indah dunia ini jika saling kita menghormati, membantu, dan saling menjaga.

Terima Mereka Apa Adanya

Anda pasti seringkali mendengar istilah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Banyak permasalahan klasik seputar hal tersebut yang belum terjawab, salah satunya adalah respon sosial.

Jadi, bagaimana seharusnya menyikapi isu tersebut?

Semua dimulai dari diri Anda sendiri. Ingatlah bahwa ABK juga sama seperti anak-anak yang lain, mereka memiliki hak yang sama untuk diterima dalam lingkungan sosial. Perlakukan mereka sama seperti Anda memperlakukan anak-anak pada umumnya. Penerimaan Anda adalah sumber kekuatan bagi mereka dan keluarganya.

Selain itu, dukungan Anda untuk para ibu dan keluarga dari ABK juga sangat berarti. Menjadi ibu dan keluarga dari ABK tidaklah mudah. Ibu dan keluarga hebat ini tak pernah menyerah, berjuang tanpa kenal lelah, & selalu memberikan sentuhan kasih sayang kepada ABK untuk kebaikan putra-putrinya. Mendukung bukan berarti mengasihani, melainkan memperlakukan dan menempatkan mereka seperti anak-anak pada umumnya. Berikan juga dukunganmu terhadap para Ibu dengan ABK melalui gerakan #SentuhanIbu NIVEA.

 Sumber:

  • Lembaga Pengembangan Diri dan Komunitas Kemuning Kembar
  • Ibu Mufti, Guru Bimbingan Konseling SLBN A Kota Bandung

Dukungan Masyarakat Untuk Menyemangati Ibu Dengan ABK

Sentuhan Ibu berperan besar atas prestasi yang diraih oleh sang Anak. Sebutlah Nadila, seorang gadis cilik yang terlahir dalan kondisi low vision. Namun, apa yang ia alami tidak mengurangi semangatnya untuk berkarya. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi ia raih mulai dari perlombaan fashion show hingga kompetisi tenis meja.

 Tak dapat dipungkiri, semangat tak terhingga dari Sang Ibu, berperan besar dalam pencapaian prestasi Nadila. Demikian yang terjadi pada Anak Berkebutuhan Khusus lainnya, Ibu lah guru utama dan pertama, pendidik, sahabat, dan perawat bagi ABK. Sungguh tak terbayang betapa luar biasa perjuangan Ibu demi menguatkan semangat anaknya. Penerimaan dan keberadaan Anda di samping para Ibu dengan ABK adalah cara paling sederhana dan efektif untuk menyemangatinya.

There is no greater disability in society, than the inability to see a person as more. Sebagai bagian dari masyarakat, sentuhan kamu pun berperan besar dalam pencapaian prestasi para ABK. Berikan dukunganmu kepada para Ibu agar semangat yang mereka terima dapat mereka salurkan kembali kepada anak mereka. 

Sumber:

Interview dengan Ibu Siti (Ibunda dari Nadila)