LEBIH MUDAH BERCUKUR DENGAN NIVEA DEODORANT WHITENING HAPPY SHAVE

Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Hitam

Meskipun normal, keberadaan bulu pada ketiak seringkali mengganggu penampilan. Tidak jarang, wanita sering mencukurnya untuk mendapatkan ketiak yang bersih tanpa bulu. Namun, kegiatan mencukur tersebut nyatanya malah membawa masalah lain untuk kulit ketiak. Kulit ketiak menjadi hitam dan kasar karena kegiatan mencukur bulu, apalagi jika dilakukan terlalu sering. 

 

Mencukur bulu ketiak memang salah satu kegiatan dalam merawat diri. Selain tindakan nyata dari menyayangi diri sendiri, mencukur bulu ketiak tidak hanya soal estetika dan keindahan tubuh. Ketiak yang bebas bulu juga meminimalisir timbulnya bau tidak sedap akibat bakteri yang terperangkap di antara rambut-rambut halus. Sayangnya, kegiatan mencukur ini bisa merusak lapisan kulit Kamu sehingga menimbulkan penebalan lapisan kulit dan menghitam.

 

Cara mencukur bulu ketiak memang krusial untuk dilakukan jika tidak ingin ketiak Kamu berubah menghitam. Kamu bisa mulai untuk mengetahui apa saja penyebab kulit ketiak menjadi hitam selain dari cara mencukur yang salah.

 

Penyebab Kulit Ketiak Hitam

Ketiak hitam sering menjadi masalah untuk Kamu yang suka tampil berani, seakan kepercayaan dirimu berkurang jika Kamu tidak dapat menunjukkan kesempurnaanmu. Ketiak yang hitam terjadi karena beberapa faktor, tidak hanya dari cara mencukur saja, ini hal yang perlu Kamu hindari agar ketiak tidak hitam.

 

1 Kulit Ketiak Mengalami Iritasi

Salah satu penyebab utama kulit ketiak menghitam adalah karena adanya iritasi kulit. Iritasi ini sering muncul umumnya karena adanya gesekan kasar pada permukaan kulit, salah satunya dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak. 

Hal yang sifatnya melukai kulit ketiak ini akan memicu iritasi dan produksi melanosit atau penghasil pigmen warna kulit alami (melanin) secara berlebihan. Produksi berlebihan tersebut nantinya akan menyebabkan penebalan kulit di area iritasi dan membuat area kulit tersebut menghitam.

 

2 Infeksi Bakteri

Selain karena adanya iritasi, infeksi bakteri pada kulit juga bisa terjadi saat kulit terluka. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Corynebacterium Minutissimum. Bakteri ini sering kali tumbuh subur dan cepat di area yang lembap dan berkeringat. Bukan hanya karena adanya bulu halus pada ketiak yang berkeringat, ketika Kamu kurang bisa menjaga kebersihan tubuh atau tinggal di lingkungan yang lembap juga bisa mempengaruhi.

Bakteri ini juga beresiko tumbuh lebih cepat pada penderita diabetes atau seseorang dengan berat badan berlebih (obesitas). Kamu bisa mulai untuk mencari tahu apakah kulit ketiakmu yang menghitam merupakan akibat dari faktor infeksi bakteri dengan meninjau lingkungan, kebersihan, dan kesehatanmu.

 

3 Hormon

Sebagai wanita, naik turunnya hormon memang sering kali merepotkan. Tidak hanya mood yang ikut naik turun, tapi berpengaruh pula bagi kesehatan. Hingga saat ini sudah terbukti banyak sekali efek samping hormon wanita yang berpengaruh pada kesehatan, terutama untuk kulit. Kulit berminyak dan kusam, berjerawat, bahkan hingga kulit yang menghitam di bagian tertentu. Gangguan hormon ini bisa dirasakan siapa saja, yang paling banyak terjadi adalah wanita terutama di usia yang cukup rentan seperti saat remaja atau menjelang menopause.

Selain pada usia remaja atau menjelang menopause, ibu hamil juga sering kali mengalami gangguan dan perubahan kulit, terutama pada ketiak. Karena adanya ketidak seimbangan hormon pada saat hamil, hal ini memicu adanya peningkatan produksi melanin. Namun untuk kondisi ini biasanya akan mereda dan kulit yang hitam akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

 

4 Acanthosis Nigricans

Acanthosis Nigricans merupakan kondisi di mana terjadi penebalan kulit dan perubahan warna kulit di area tertentu pada seseorang. Umumnya kondisi ini terjadi karena adanya faktor-faktor seperti kelebihan berat badan (obesitas), diabetes tipe 2, gangguan hormon, penyakit tiroid, PCOS, bahkan efek samping obat-obatan seperti Pil KB. 

Kondisi ini terjadi tidak hanya pada area ketiak saja, beberapa area lipatan lain seperti pangkal paha, leher, perut, lengan, dan lainnya. Munculnya kondisi ini biasanya identik dengan perubahan berat badan yang signifikan disertai beberapa gejala penyakit lain. Ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter atau spesialis kulit jika hal ini terjadi padamu.

 

Tips Mencukur Agar Ketiak Tidak Hitam

Untuk menghindari kulit ketiak menghitam setelah mencukur, Kamu perlu melakukan beberapa tips berikut ini. Cara mencukur yang salah dapat mempengaruhi warna kulitmu setelahnya, jadi Kamu bisa mencegah agar tidak menimbulkan iritasi dan semakin menghitam.

 

1 Bersihkan Kulit Ketiak

Sebelum mencukur, ada baiknya Kamu membersihkan area kulit ketiak terlebih dahulu atau Kamu dapat melakukan proses mencukur setelah mandi menggunakan sabun. Hal ini dilakukan agar tidak ada sisa kotoran, keringat, dan bakteri yang masih menempel di kulit dan beresiko menginfeksi kulit yang iritasi. Selain itu, mencukur ketiak tanpa membersihkannya terlebih dahulu juga bisa menyumbat dan menumpulkan alat cukur atau pisau cukur.

 

2 Gunakan Alat Cukur yang Tajam

Pastikan Kamu menggunakan alat cukur yang masih baru, tajam, atau yang pisau cukurnya baru saja diganti untuk mencegah adanya infeksi akibat bakteri yang ditinggalkan di kulit ketiak. Salah satu penyebab luka dan menimbulkan iritasi kulit adalah alat cukur yang tidak tajam dan kotor. Ada baiknya Kamu mengganti alat cukurmu setelah 3 - 4 kali pemakaian untuk menjaga kualitasnya, dan jangan lupa pula untuk senantiasa membersihkan alat cukur dengan air hangat dan memastikan tidak ada sisa-sisa rambut yang terselip.

 

3 Gunakan Shaving Foam atau Cream

Saat mencukur bulu ketiak, Kamu juga harus memastikan kulit ketiakmu dalam keadaan lembap untuk menghindari iritasi serta melindungi lapisan kulit. Kamu dapat menggunakan shaving foam atau shaving cream sebelum mencukur. Oleskan secukupnya shaving foam atau shaving cream pada permukaan ketiak, lalu cukur ketiak bersamaan dengan shaving foam tersebut. 

 

4 Jangan Langsung Menggunakan Deodorant

Selesai mencukur dan membersihkan sisa shaving foam di ketiak, kulitmu akan terasa menjadi lebih kering. Kamu tidak disarankan untuk langsung mengaplikasikan deodorant pada saat ini. Sebaiknya, Kamu menggunakan pelembap atau moisturizer khusus untuk kulit ketiak. Jika Kamu ingin menggunakan deodorant, akan lebih baik jika Kamu menunggu sekitar 30 - 45 menit agar kulit ketiakmu yang iritasi ringan itu mereda.

 

5 Berikan Treatment

Tidak hanya selesai pada cara mencukur saja, Kamu juga harus memberikan perawatan pada kulit ketiakmu agar tidak menjadi hitam. Salah satunya adalah memberikan perawatan sekaligus deodorant yang dapat membantu mencerahkan dan melembutkan kulit ketiakmu. NIVEA Brightening Happy Shave 8 Superfood Deodorant Roll-On dapat membantu mencerahkan, menghaluskan dan mengurangi iritasi setelah mencukur dengan Pro Vitamin B5 & Vitamin C. Selain itu, NIVEA juga memberikan perlindungan dari keringat dan bau badan hingga 48 jam dengan formula gentle NIVEA Care yang terbukti aman untuk kulit.

 

Jaga Kulit Ketiak Agar Tidak Hitam dengan NIVEA Brightening Happy Shave 8 Superfood Deodorant Roll-On 

Keseharian wanita Indonesia penuh dengan kegiatan dan aktivitas. Seperti kegiatan rumah tangga, bekerja dan sebagainya. Belum lagi jadwal yang padat ini harus dilakukan di teriknya panas negara tropis sehingga mencegah bau badan datang pun menjadi sulit. Re-apply deodorant pun tidak akan memungkinkan jika Kamu mempunyai mobilitas yang padat setiap harinya. Namun Kamu tidak perlu khawatir lagi, dengan adanya NIVEA Brightening Happy Shave 8 Superfood Deodorant Roll-On yang bisa menjagamu selama 48 jam bebas dari keringat dan bau badan. 

 

Selain itu, ketiak hitam akibat sering mencukur juga tidak lagi menjadi masalah. Seringkali beberapa merk deodorant akan menambah parah kulit ketiak yang menghitam akibat bercukur. Dengan NIVEA, Kamu bisa mencukur ketiak kapanpun tanpa membuatnya menjadi hitam. NIVEA Brightening Happy Shave 8 Superfood Deodorant Roll-On juga menjaga ketiakmu tetap lembut meskipun sering bercukur, tidak akan ada kulit ketiak kasar dan tekstur seperti strawberry. Bercukur juga menjadi lebih mudah dan cepat saat ketiakmu terhindar dari iritasi.

 

Kamu bisa mengandalkan NIVEA Brightening Happy Shave 8 Superfood Deodorant Roll-On setiap hari sebelum menjalankan aktivitas. Ketiak akan terasa lebih halus dan bebas dari noda gelap akibat iritasi. Tidak usah khawatir lagi bau badan tidak sedap akan datang dan mengganggu kegiatan. No more bringing any deo product in your purse.