Khawatir Bau Badan? Ini Tips Agar Badan Tetap Wangi Sepanjang Hari

Khawatir Bau Badan? Ini Tips Agar Badan Tetap Wangi Sepanjang Hari

Tahukah kamu? Manusia ternyata memiliki aroma yang dipancarkan dari tubuhnya berbeda-beda. Setiap orang memiliki aroma yang berbeda karena adanya banyak faktor yang mempengaruhi. Kamu pasti pernah berada pada suatu kejadian di mana kamu hafal dengan bau khas seseorang, walaupun mereka tidak memakai parfum atau deodoran namun mereka tetap mempunyai aroma yang khas dan membuatmu sulit untuk lupa.

 

Itu merupakan aroma alami manusia, asalnya bisa didapatkan dari berbagai hal. Misalnya sabun atau shampoo yang digunakan untuk mandi sehari-hari, deterjen yang digunakan untuk mencuci baju, aroma parfum yang masing melekat dan meresap ke dalam kulit, hingga bau ruangan yang khas juga bisa menempel pada seseorang.

 

Selain hal tersebut, faktor makanan dan gaya hidup juga bisa mempengaruhi loh. Beberapa makanan seperti sayuran dan buah diindikasikan membantu membuat aroma tubuh menjadi lebih segar. Begitu pula dengan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari seperti olahraga, mandi sehari minimal satu kali, tidur cukup, dan kebiasaan lainnya seperti merokok. Dilansir dari Halodoc, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan aroma badan menjadi tidak sedap karena memicu pertumbuhan bakteri yang bercampur dengan keringat.

 

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Aroma alami tubuh manusia memang beragam, meskipun begitu tidak jarang beberapa orang mengalami masalah bau badan yang tidak sedap.Secara alami, bau badan terbentuk dari lingkungan, gaya hidup, dan apa saja yang kita konsumsi. Ketahui penyebab bau badan tidak sedap ini untuk tahu bagaimana mengatasinya.

 

1 Gaya Hidup

Seperti kulit bagian tubuh lain, kondisi kulit ketiak dipengaruhi oleh asupan makanan, gaya hidup dan juga interaksi pakaian terhadap kulit ketiak. Gaya hidup seperti apa yang dapat mempengaruhi bau badan dan ketiak? Sebenarnya, gaya hidup yang tidak sehat secara keseluruhan akan mempengaruhi bau badan. Contohnya, kamu merupakan orang yang jarang membersihkan diri dan mandi tidak rutin sekali sehari. Kuman dan bakteri akan tumbuh di permukaan kulitmu dan reaksi yang ditimbulkan ketika bakteri bertemu dengan keringat akan menyebabkan bau badan tidak sedap.

 

Olah raga juga menjadi salah satu yang dapat menyebabkan bau badan semantara. Saat berolah raga, suhu tubuh akan naik seiring dengan beban kerja tubuh yang besar. Ketika suhu tubuh naik, untuk melancarkan sistem kerja tubuh akan mengeluarkan keringat. Sumber bau badan utama adalah dari keringat. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ini sifatnya hanya sementara. Usahakan kamu tidak berlama-lama dalam keadaan berkeringat, mandi dan bersihkan keringan dengan handuk atau segera mandi agar tubuh kembali segar.

 

2 Makanan

Makanan atau apapun yang kamu konsumsi dan masuk ke dalam tubuhmu akan diproses yang mana nantinya juga akan dikeluarkan, salah satunya bersamaan dengan keringat. Keringat manusia umumnya tidak berbau, namun apa yang kamu konsumsilah yang akan mempengaruhi bau keringat tersebut. Seperti contohnya konsumsi terlalu banyak daging merah, danging sapi, atau daging ayam terlalu banyak. Asam amino yang ada di dalam daging-daging ini ternyata dapat meninggalkan ampas atau residu di dalam usus. Residu ini akan dipecahkan oleh enzim di dalam usus dan akan keluar sebagai bentuk bakteri bersamaan dengan keringat.

 

Selain daging, kamu juga harus menghindari untuk mengkonsumsi terlalu banyak bawang-bawangan seperti bawang bombay dan bawang putih. Bawang memiliki senyawa sulfur yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan bau kurang sedap dari keringat yang kamu produksi. Selain itu kafein, makanan pedas, rokok dan alkohol. Hal-hal ini dapat mempengaruhi tingkat adrenalin dan hormonmu. 

 

Tapi jangan terlalu takut untuk makan segala hal yaa, karena kurangnya nutrisi pada kulit ketiak yang disebabkan dari pola makanan dan penggunaan deodoran yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga bisa menyebabkan kerusakan kulit ketiak. Kamu butuh nutrisi yang cukup untuk kulit ketiak tetap sehat juga.

 

3 Keringat

Keringat pada tubuh manusia sebenarnya tidak memiliki bau, yang menyebabkan keringat menjadi berbau adalah adanya reaksi kimia ketika keringat bertemu dengan bakteri. Bakteri ini tidak hanya berada pada permukaan kulit saja, tapi juga bisa berasal dari dalam tubuh. Ketika tubuhmu banyak mengandung racun, maka sistem dalam tubuh akan mengurai racun tersebut menjadi bakteri dan mengeluarkannya bersama dengan keringat. Oleh karenanya keringat menjadi bau dan kamu juga jadi bermasalah dengan bau badan.

 

Bagi sebagian orang, terutama dengan aktivitas yang padat, keringat pada ketiak dapat menyebabkan iritasi lho. Produksi keringat secara berlebihan juga akan menjadi masalah karena kulit terlalu basah dan menjadi tidak nyaman, ujungnya iritasi dan kemerahan akan datang pada kulit basah dan lembab. Jadi penting untuk memastikan kulit ketiak sudah kering sesaat setelah pemakaian deodoran. Keringat ditambah dengan deodoran yang tidak cepat kering juga bisa meninggalkan noda pada pakaian.

 

4 Kondisi Kesehatan

Pada beberapa kasus tertentu, orang-orang dengan kendala kesehatan juga bisa bermasalah dengan bau badan. Ada beberapa kondisi kesehatan yang mempunyai efek menimbulkan bau tidak sedap pada badan. Seperti pada sleep apnea atau gangguan tidur, bau badan dan bau mulut akan lebih kuat karena timbulnya bakteri. Penyakit lain seperti diabetes juga dapat menyebabkan bau badan karena adanya kadar insulin yang bekerja secara tidak normal.

 

Dalam kondisi seperti ini, yang harus kamu lakukan adalah medical check up ke dokter. Karena ini merupakan kondisi khusus, kamu memerlukan perawatan yang lebih intensif dan tidak hanya sekedar dengan deodorant atau antiperspirant saja. Walaupun begitu, jangan khawatir karena kondisi seperti ini tidak banyak terjadi.

 

Cara Menjaga Badan Wangi dan Segar Sepanjang Hari

Menjaga tubuh tetap segar dan wangi sepanjang hari menjadi sebuah tantangan tersendiri jika kamu memiliki tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa mengatasinya dengan cara yang mudah. Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab bau badan tidak sedap, mungkin membutuhkan beberapa tips ini untuk menjaga badan tetap segar sepanjang hari.

 

1 Jaga Gaya Hidup dan Pola Makan

Menjaga pola makan serta gaya hidup yang sehat tidak hanya berguna untuk kesehatan dan penampilan, tapi juga demi aroma tubuh yang senantiasa segar dan wangi. Mulai dari memilih makanan yang sehat dan seimbang untuk dikonsumsi seperti sayuran, buah, dan porsi yang cukup normal untuk konsumsi daging merah. Lalu dilanjutkan dengan kebiasaan-kebiasaan sehat seperti menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari, menghindari asap rokok, nikotin, serta terlalu banyak konsumsi kafein. 

Jangan lupa untuk mendisiplinkan dirimu sendiri mengenai beberapa kegiatan yang harus kamu lakukan untuk menjaga tubuhmu tetap sehat ya. Mungkin kamu juga perlu mulai membatasi beberapa makanan tertentu yang bisa memicu bau tidak sedap bagi tubuhmu.

 

2 Menerapkan Kebiasaan yang Bersih

Tidak berhenti pada gaya hidup dan pola makan, kamu juga perlu menjaga kebersihan tubuh dan lingkunganmu. Mandi dua kali sehari dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh, jangan lupa juga untuk membersihkan tempat tinggalmu agar tidak menjadi sarang kuman. Sampai dengan menjaga kebersihan pakaian yang kita gunakan dengan selalu mengganti pakaian setiap setelah beraktifitas dan mencuci pakaian yang telah digunakan. Gunakan juga pakaian yang longgar dengan bahan yang lembut di kulit untuk mencegah iritasi dan kuman akibat kulit lembab. Cuci pakaian dengan deterjen yang aman untuk kulit sensitif.

 

3 Bantu Segarkan dengan Deodoran

Dengan mengubah pola makan dan gaya hidup saja mungkin tidak akan cukup membantu kamu untuk wangi dan segar sepanjang hari. Kamu memerlukan perlindungan ekstra untuk membuat tetap wangi. Deodorant dapat melindungimu dari bau badan tidak sedap. Tentunya kamu perlu mencari deodorant dengan perlindungan kuat dan lama untuk senantiasa menjagamu tetap segar.

 

Pilih deodoran yang cepat kering setelah diaplikasikan ke ketiak dan mengandung Vitamin C untuk membuat kulit ketiak lebih cerah. Deodorant yang bisa meresap dengan cepat akan membuatmu jauh lebih efektif terutama ketika buru-buru harus memakai baju dan beraktifitas. Kandungan vitamin C tentunya juga membantu untuk mencerahkan kulit ketiakmu agar tidak terlihat menghitam karena hiperpigmentasi.

 

Bahan yang Kamu Butuhkan untuk Tetap Segar

Dalam memilih deodorant yang tepat, tentunya kamu juga harus memperhatikan bahan dan formula di dalamnya. Saat kamu harus beraktifitas sepanjang hari, kamu memerlukan perlindungan dari keringat berlebih serta bau badan yang bisa menyerang kapan saja. Kamu bisa menggunakan deodorant dengan perlindungan 48 jam dari keringat dan bau badan. Kamu dapat menemukan perlindungan itu dalam NIVEA Brightening Silk Touch Deodorant Roll-on.

 

Dengan kandungan Vitamin C yang bermanfaat baik untuk tubuh, dan 8 superfood di dalamnya, NIVEA Brightening Silk Touch Deodorant Roll-on juga mampu melindungi kulitmu dari ancaman kulit ketiak menghitam loh. Kandungan didalamnya juga menjaga kulit ketiakmu tetap halus dan lembut, tentunya hal ini bisa meminimalisir iritasi pada kulit ketiak karena kulit yang lembab. Jangan lupa untuk menunggu deodorant kering dulu sebelum memakai baju agar kulitmu tidak lembab ya.

 

Salah satu bahan alami yang dapat mempercepat proses penyerapan nutrisi membuat ketiak lebih cepat kering setelah pemakaian deodoran adalah Kaolin. Jadi, saat pagi kamu sedang terburu-buru karena takut terlambat beraktivitas, pastikan kamu memakai NIVEA Brightening Silk Touch Deodorant Roll-on. Ketiak lebih cepat kering, jadi kamu nggak perlu menunggu lama lagi untuk bisa segera siap-siap dan beraktivitas setelah pakai deodoran.

 

Memakai bahan-bahan atau zat kimia buatan bisa menimbulkan kerusakan pada kulit ketiak. Dengan beralih pada produk berkandungan alami, kamu mengurangi resiko tersebut. Gunakan deodoran secara teratur dengan produk yang berbahan dasar alami seperti NIVEA Brightening Silk Touch Deodorant Roll-on. Paduan vitamin C dan Kaolin yang ada pada NIVEA Brightening Silk Touch Deodorant Roll-on inilah yang deodorant yang memutihkan ketiak dan dapat memastikan kulit ketiak lebih cerah, tanpa waktu lama untuk menunggu ketiakmu kering sesaat setelah pemakaian.

 

Perawatan ketiak bebas dari bau badan serta mendapatkan kelembutan sepanjang hari dari NIVEA juga sudah teruji secara dermatologis cocok untuk semua jenis kulit. Kandungan 0% alkohol juga tidak akan membuat kulit ketiakmu menjadi kering dan memicu iritasi, jadi aman untuk kamu gunakan setiap hari setelah mandi. Kulit ketiak cerah, badan pun juga menjadi segar dan wangi sepanjang hari!