bye

Tips Mengurangi kulit Kasar dan kering

Kamu pasti pernah merasakan tangan yang kering dan kasar setelah seharian mengerjakan pekerjaan rumah atau jika tanganmu bekerja terlalu keras, bukan? Sering kali, banyak orang yang luput memberikan perhatian pada bagian tubuh lainnya terutama kulit tangan. Padahal, tangan mempunyai peran yang besar pada kehidupanmu dan dalam pekerjaan sehari-hari.

 

Kulit tangan sering kali lebih cepat untuk menjadi kasar dan kering karena bersentuhan dengan bahan-bahan kimia seperti sabun, deterjen, bahkan mungkin rangkaian skincare yang kamu kenakan pada wajah dengan menggunakan tangan. Berbagai bahan kimia tersebut bisa saja menumpuk di tangan dan menjadikan tanganmu kasar. Apalagi, akhir-akhir ini dengan isu pandemi yang membuatmu lebih sering mencuci tangan dengan sabun. Mungkin tangan kamu juga bisa kering di beberapa sisi karena bekerja terlalu keras.

 

Tangan sering kali luput dan disepelekan untuk soal perawatan. Padahal, merawat tangan merupakan salah satu cara kamu berterima kasih pada tubuhmu sendiri yang telah membantumu dalam beraktivitas. Beberapa orang juga bingung, bagaimana cara merawat tangan yang benar karena jarang untuk dibahas. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga tanganmu tetap lembut.

 

Berikan Perhatian Lebih pada Kulit Tanganmu dengan Cara Alami

Memberikan perhatian khusus pada anggota tubuh yang sering kali kamu lupakan juga bisa menjadi salah satu bentuk curahan kasih sayangmu pada diri sendiri. Tentunya, juga sebagai ucapan rasa terima kasih kepada dirimu sendiri karena telah bertahan dan bekerja keras. Oleh karena itu, kamu bisa juga memberikan kepedulian khusus, seperti:

 

1 Rendam Air Hangat

Air hangat adalah salah satu cara yang paling mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit tangan yang kasar dan kering. Kamu bisa menggunakan air hangat untuk merendam tanganmu dan membiarkan kulit mati serta lapisan kulit yang kering lepas dengan sendirinya.

 

Caranya cukup mudah, kamu bisa merendam seluruh tanganmu hingga pergelangan dalam wadah atau baskom berisi air hangat. Rendam selama 5 - 10 menit atau sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kamu merasa lebih rileks dan nyaman, kamu bisa menambah durasi sesuai yang kamu inginkan. Pastikan air rendamanmu tidak terlalu panas untuk menghindari kulit tangan melepuh dan iritasi, ya.

 

2 Rendam dengan Garam

Selain air hangat, kamu juga bisa menambahkan beberapa sendok garam ke dalam baskom rendamanmu loh. Garam mempunyai fungsi untuk membantu membunuh bakteri dan mempercepat proses penyembuhan luka. Pada kondisi tangan yang kasar dan kering sering kali menjadi rumah bagi bakteri. Tentunya kamu tidak mau tanganmu mengandung bakteri kan?

 

Kamu dapat merendam tanganmu dengan campuran 2 - 3 sendok garam dalam satu baskom air hangat. Rendam selama 5 - 20 menit atau sesuai dengan yang kamu inginkan untuk menghilangkan otot yang kaku setelah beraktivitas. 

 

3 Gosok dengan Batu Apung

Jika kondisi kering dan penebalan kulit tanganmu cukup parah, kemungkinan kamu tidak bisa hanya mengandalkan air hangat dan garam saja. Kamu perlu melakukan cara ekstra untuk membantu proses eksfoliasi alami secara maksimal. Jika kamu enggan menggunakan produk eksfoliasi, kamu dapat menggunakan batu apung.

 

Batu apung memiliki tekstur yang cukup halus jika digunakan untuk eksfoliasi kulit tubuh. Meskipun dapat mengangkat sel kulit mati, namun teksturnya yang tidak terlalu kasar tidak akan melukai kulit dan membuatnya iritasi. Kamu bisa menggosok tangan dengan batu apung setelah selesai merendam tangan dengan air hangat. Lakukan secara perlahan dengan gerakan memutar, dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

 

4 Jaga Kelembapannya dengan Moisturizer

Setelah selesai melakukan rangkaian perawatan di atas, jangan sampai kamu membiarkan kulit tanganmu dalam keadaan kering kembali. Kamu perlu menjaga kelembapan tanganmu dengan menghidrasi kulit secara cukup. Hidrasi kulit dapat kamu lakukan dengan cara memakai moisturizer atau belembap untuk tangan atau tubuh. Pilih pelembap yang bersifat menenangkan karena kulitmu baru saja melalui perjalanan perawatan yang panjang.

 

Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan beberapa bahan atau formula tertentu yang baik untuk kelembapan kulitmu. Seperti NIVEA Creme dengan kandungan eucerit yang mampu menggabungkan minyak dan air yang terdapat pada lapisan kulit dan mengubahnya menjadi perlindungan pelembap yang aman untuk semua jenis kulit.

 

Menjaga Tangan Tetap Lembut Tanpa kering

Tangan kering bisa jadi sesuatu yang memalukan, apalagi jika kamu sering menunjukkan tanganmu ke publik, atau bahkan ke pasangan. kering bisa disebabkan karena tangan yang kasar dan ada penumpukan kulit mati, bisa juga kulit membentuk lapisan pelindung karena kamu sering bekerja terlalu keras. Terlepas apapun sebabnya, kamu tetap bisa menjaga tanganmu tetap lembut dan halus dengan beberapa cara berikut ini.

 

1 Pijatan Lembut

Mungkin kamu berpikir, apa pengaruhnya jika sering memijat tangan bukan? Pemijatan pada dasarnya dilakukan untuk memperlancar peredaran darah di sekitar tangan. Hal ini berguna jika kamu sering bekerja atau beraktivitas yang banyak menggunakan tangan, bisa saja sebagai stress reliever bagi tanganmu juga. Tidak hanya menenangkan, pijatan di tangan juga dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan fleksibilitas pergerakan tangan yang lebih lancar. 

 

Memijat tangan ini bisa kamu lakukan secara rutin setiap malam, atau kapanpun kamu memiliki waktu luang. Kamu juga bisa menggunakan minyak alami atau lotion untuk membantu proses pemijatan agar lebih lancar dan tidak mengundang iritasi. Atau, kamu bisa menggunakan NIVEA Creme dan oleskan ke seluruh bagian tanganmu, mulai dari telapak tangan hingga jari-jarimu. Pijat secara perlahan dengan gerakan melingkar, sehingga dapat merangsang pembentukan kolagen untuk regenerasi kulit baru.

 

2 Eksfoliasi

Kulit tangan juga membutuhkan exfoliasi untuk membantu mengelupasnya kulit mati yang masih menempel dan membawa kulit baru untuk menggantikan lapisan kulit mati sebelumnya. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk mengurangi penumpukan kulit mati yang bisa menjadikan tanganmu kering, tapi juga bisa membantu mencerahkan tanganmu.

 

Sering kali, kamu lupa untuk mengaplikasikan kembali sunblock atau sunscreen ke tangan setelah berkali-kali mencuci tangan, bukan? Hal itu dapat membuat kulit tanganmu menjadi lebih gelap karena terbakar matahari. Eksfoliasi dapat membantu mengembalikan cerah alami dari kulit tanganmu.

 

Untuk melakukan eksfoliasi, kamu bisa menggunakan gula pasir dengan natural oil seperti olive oil atau virgin coconut oil dengan perbandingan 2:1. Gosok secara lembut ke seluruh area tangan dan diamkan selama 10 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat untuk tangan yang lebih cerah dan lembut.

 

3 Masker Tangan

Ada kalanya kulit tanganmu akan terasa sangat kering. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi seperti frekuensi seringnya tanganmu bersentuhan dengan sabun atau deterjen, frekuensi tanganmu terkena air dalam sehari, bahkan sampai iklim dan suhu lingkungan yang kurang bersahabat dan menjadi kan seluruh kulit tubuhmu kering.

Jika tanganmu sedang kering-keringnya, kamu dapat memberikan kelembapan ektsra dengan menggunakan hand mask. Hand mask ini mirip dengan proses ketika kamu menggunakan masker pada wajah, bedanya ini kamu lakukan pada tanganmu. Meskipun begitu, masih belum terlalu banyak produk hand mask yang dijual di pasaran.

 

Namun, kamu bisa menggunakan NIVEA Creme  sebagai hand mask. Caranya, kamu cukup mengoleskan NIVEA Creme secara tebal ke tanganmu pada saat sebelum tidur dan didiamkan semalaman. Keesokannya kamu dapat merasakan kulit tangan yang lembut dan halus, yang siap menemani aktivitas kamu.

 

Tanganmu sudah melakukan begitu banyak untuk dirimu sendiri. Kulitmu sudah melakukan begitu banyak untuk dirimu sendiri, kini saatnya berikan perhatian ekstra untuk kelembutan kulit tidak hanya wajah tapi juga seluruh tubuh. Telapak tangan yang paling sering kita gunakan, pada kenyataannya sulit untuk menyerap kelembapan yang kita berikan karena tidak adanya bulu halus untuk membantu penyerapan.

 

Kulit yang hilang kelembapannya dapat menyebabkan gangguan pada skin barrier yang berujung merusak fungsi lainnya. Kulit berminyak juga beresiko dehidrasi karena tidak ada kandungan cairan di dalam kulit. Dehidrasi yang berkepanjangan juga beresiko menyebabkan kulitmu mengalami peradangan dan iritasi yang dapat menuju ke penuaan dini. Hal ini berlaku pada semua jenis kulit, termasuk kulit yang berminyak yang sering dikira banyak orang tidak membutuhkan moisturizer.

 

Sama seperti jenis kulit lainnya, jenis kulit berminyak juga membutuhkan pelembap. Kulit memerlukan cairan dan hidrasi. Tanpa adanya hidrasi yang cukup, kulit akan bekerja lebih keras untuk memproduksi cairan guna menjaga kulit tetap lembut dan tidak kering. Sayangnya, ketika kamu tidak menggunakan cukup moisturizer, kulitmu akan mengira bahwa minyak dan sebum adalah cairan yang sama dengan cairan hidrasi. Oleh karena itu, produksi kelenjar minyak justru akan lebih masiv dan banyak daripada cairan hidrasi kulit.

 

Kamu bisa mulai menggunakan moisturizer yang cocok untuk segala jenis kulit. Moisturizer atau pelembap dengan kandungan glycerin direkomendasikan untuk kamu pemilik jenis kulit berminyak atau jenis kulit lainnya sekalipun itu normal. Seperti pada NIVEA Creme yang memiliki kandungan gliserin dan eucerit yang berfungsi sebagai pengemulsi dan penggabung minyak dengan air merupakan formulasi yang sempurna untuk kamu yang mempunyai kulit berminyak dan membutuhkan moisturizer.

 

Jika kamu belum yakin akan jenis kulit apa yang kamu miliki, kamu juga bisa mulai untuk mencari tahu jenis kulitmu di sini. Mengenali lebih jauh jenis kulitmu akan mempermudah kamu untuk menemukan produk dan perawatan yang tepat bagi kulitmu. NIVEA memberikanmu fasilitas untuk mengenal lebih baik kulitmu. Kulit sehat dengan perawatan yang tepat, bersama NIVEA.

PELEMBAP SERBAGUNA DARI NIVEA