Sudah tahu pentingnya mendongeng bagi anak-anak? Untungnya menceritakan dongeng semudah membacanya dari buku, mengingat cerita, berbagi kisah favorit masa kecil, hingga membacakan dengan lantang dari ponsel. Walau ada banyak cara melakukannya, terkadang anak tampak bosan atau malah enggan mendengar dongeng. Nah, biar si kecil makin semangat mendengarkan dongeng ibu, gunakan beberapa cara berikut ini.

Membuat si kecil lebih excited mendengarkan dongeng yang dibacakan, ekspresi dan intonasi harus jelas

Pastikan berbicara dengan keras tapi lambat. Suara Ibu harus dapat menggambarkan jenis emosi yang tepat seperti yang disebutkan dalam cerita. Variasikan nada suara sesuai kebutuhan cerita dan gunakan jeda di tempat yang tepat. Hal ini penting untuk membantu si kecil mendengar dan memahami cerita dengan baik, sehingga dapat memiliki pengalaman yang menyenangkan.

Buat alat peraga untuk membuat dongeng lebih menyenangkan

Untuk anak-anak yang usianya masih sangat muda, rentang perhatian dan konsentrasinya memang masih cukup minim. Bisa duduk selama lima menit saja sudah tergolong cukup lama untuk si kecil. tarik minatnya pada dongeng yang Ibu bacakan dengan menggunakan alat peraga. Bisa berupa aneka jenis boneka seperti boneka gagang, boneka tempel, atau boneka jari, papan flanel, atau bahkan Lego.

Tidak harus membelinya, kok, asah kreativitas untuk membuat sendiri alat peraga dongeng. Bisa dengan mencetak desain yang didapatkan dari internet, menjahit dari bahan flanel, hingga memanfaatkan barang bekas seperti botol yang dijadikan orang-orangan atau menggambar wajah di piring kertas. Dijamin anak-anak tertarik mendengarkan cerita dan lebih mudah memahami jalan ceritanya.

Interaktif, ajak si kecil ikut terlibat dalam satu atau dua adegan tertentu

Anak-anak sangat suka jika dilibatkan dalam apa pun yang orangtuanya lakukan dan hal yang sama berlaku saat mendongeng. Berhentilah sebentar sekali atau dua kali untuk bertanya kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya, sehingga dapat membantunya mengembangkan kemampuan imajinatif.

Selain itu, dorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam dongeng. Minta mereka membuat efek suara, misalnya mengetuk lantai untuk meniru seseorang yang mengetuk pintu atau membuat suara angin. Bisa juga meminta mereka menggerakkan tubuh untuk meniru bagian-bagian cerita, seperti bergoyang seperti pohon dalam angin atau berpura-pura berenang melintasi sungai.

Improvisasi, bisa libatkan si kecil untuk membuat alur cerita bersama

Dorong mereka untuk berimprovisasi dan biarkan sebuah cerita lama memiliki plot baru.

Tanyakan apa yang akan si kecil lakukan jika ia merupakan karakter utama dalam dongeng tersebut. Minta mereka untuk memikirkan cara-cara lain yang mungkin dilakukan oleh tokoh dongeng itu.

Terakhir, bikin anak senyaman mungkin saat mendengarkan dongeng, misalnya dengan memangku dan memberi sentuhan lembut dengan mengoleskan NIVEA Creme yang dikenal sebagai pelembap kulit wajah dan tubuh. Kandungan Eucerit® di dalamnya menjaga kulit tetap lembap dan lembut. Telah teruji secara dermatologis, NIVEA Creme aman dan cocok digunakan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak sebagai nutrisi harian kulit.

Yuk, tarik minat si kecil agar kian semangat mendengarkan Ibu mendongeng dengan cara-cara ini.