Kebanyakan anak-anak sangat suka mendengarkan cerita. Lewat dongeng, ada berbagai hal yang bisa disampaikan dengan memanfaatkan kemampuan imajinasi anak yang sedang berkembang. Nah, biar makin seru, kegiatan mendongeng dapat dilengkapi dengan bantuan alat peraga, seperti berikut ini.

Boneka

Boneka merupakan salah satu jenis mainan favorit anak-anak, berapa pun usianya. Memiliki berbagai tampilan dan ukuran, boneka bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak-anak pada dongeng yang sedang diceritakan.

Jenisnya pun bermacam-macam, ada boneka gagang yang dilengkapi dengan stik yang ada di bagian tangan maupun kaki agar bisa digerak-gerakkan, boneka tempel yang dapat menempel di permukaan kaca maupun flanel, hingga boneka jari. Jenis boneka terakhir ini cukup sering digunakan dalam bercerita karena mudah dibuat sendiri, baik berbahan flanel maupun kertas. Tinggal potong dan bentuk sesuai dengan karakter dalam buku cerita, lalu sisipkan dalam jari tangan untuk dimainkan.

Papan Flanel

Bahan kain flanel dengan aneka warna dan permukaan yang halus ini sangat cocok digunakan sebagai alat peraga mendongeng. Tinggal sesuaikan dengan kisah yang akan diceritakan, misal dengan latar peternakan, hutan, hingga perkotaan.

Ibu bisa membeli atau memesannya ke pengrajin flanel dengan harga yang cukup terjangkau, bisa juga membuatnya sendiri dengan mudah. Pertama, siapkan gambar yang disesuaikan dengan cerita lalu buat desainnya semenarik mungkin. Gunakan beragam warna kain flanel, potong menjadi bentuk yang diinginkan, lalu jahit atau beri lem untuk menyatukannya. Setelah digunakan, papan flanel bisa dilipat atau ditumpuk dengan rapi sehingga dapat digunakan kembali.

Agar dapat menarik minat anak dalam mendengarkan dongeng, Ibu bisa melibatkannya dalam memilih alat peraga. Mulai dari memanfaatkan boneka milik si kecil, membuat sendiri boneka jari dari karton atau flanel, hingga membiarkan anak-anak memilih sendiri tema papan flanel yang sesuai dengan kisah favoritnya. Jika perlu tambahkan lagu-lagu untuk menciptakan suasana gembira.

Mendongeng jadi makin seru, ya. Jangan biarkan kulit kering mengganggu serunya aktivitas mendongeng bersama anak, segera berikan sentuhan lembut Ibu lewat NIVEA Creme.

Kandungan Eucerit® dalam produk ikonik ini dikenal ampuh menjaga kulit tetap lembap dan lembut. Cocok digunakan sebagai pelembap kulit wajah dan tubuh, NIVEA Creme juga telah teruji secara dermatologis sehingga aman dan cocok untuk anak-anak dan orang dewasa.

Yuk, bikin sesi mendongeng kian seru dengan berbagai alat peraga yang mudah didapatkan atau dibuat sendiri.